News

15 Titik Pohon Tumbang di Tabanan, Timpa Pelinggih Hingga Kendaraan

Selasa, 23 Februari 2021 | 22:55 WITA
15 Titik Pohon Tumbang di Tabanan, Timpa Pelinggih Hingga Kendaraan

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Angin kencang disertai hujan pada Selasa (23/2) dini hari atau sekitar Pukul 00.30 WITA telah menyebabkan sejumlah pohon tumbang di wilayah Kabupaten Tabanan
Bahkan, diantaranya ada yang sampai menimpa pelinggih, atap rumah warga maupun kendaraan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Dimana dari data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan, total ada 15 titik lokasi kejadian pohon tumbang.
“Ada 15 titik total pohon tumbang yang masuk dalam laporan kami, dan sudah langsung ditangani oleh petugas Tim reaksi cepat (TRC) BPBD dibantu Dalmas Polres Tabanan dan TNI serta ada juga dari masyarakat setempat,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika. 
Dimana untuk proses kegiatan evakuasi pohon tumbang, petugas menyebar ke sejumlah titik lokasi terutama pada titik yang dianggap urgent untuk segera ditangani, seperti akses jalan agar bisa segera dilewati oleh kendaraan. 
“Untuk alat senso pemotong kayu kami di BPBD ada 6 unit, dengan satu regu petugas TRC yang beranggotakan 6 sampai 9 orang menyebar melakukan penanganan dibantu oleh jajaran kepolisian, TNI dan masyarakat termasuk juga dari Dinas Lingkungan Hidup terkait penggunaan alat pemangkasan pohon," katanya. 
Sejumlah kerusakan yang ditimbulkan seperti di wilayah desa adat Abiantuwung, dahan pohon pole tumbang mengenai Pelinggih berupa meru tumpang Pitu di Pura Kahyangan Puseh dan membuat posisi pelinggih sedikit miring. Dan pohon tumbang menutupi setengah badan jalan di jalur utama Denpasar - Gilimanuk tepatnya didepan SPBU Abian Tuwung.
Selanjutnya, pohon tumbang di perempatan jalan Diponogoro, utara SMP 1 Tabanan, Dajan Peken. Kerusakan lainnya juga terjadi di wilayah kecamatan Marga, pohon rambutan setinggi 15  meter menimpa rumah milik Ni Made Suini di Banjar Raden, Desa Baru Kecamatan Marga, Tabanan. 
Dimana korban (pemilik rumah) saat itu sedang tidur dan mendengar suara ada benda terjatuh lalu keluar rumah mencari tahu asal suara dan mendapati pohon rambutan di sebelah rumah terjatuh dan mengenai 2 buah rumah tempat tinggal, yang mengakibatkan satu rusak parah dan yang satu rusak ringan. 
Pohon tumbang juga menimpa atap rumah warga di banjar Pemenang, desa Banjar Anyar, kecamatan Kediri, Tabanan tepatnya rumah milik I Nyoman Suascaya, selain juga pohon Kresek dengan ukuran relatif besar tumbang mengenai jaringan listrik dan Telephone, dan menutup akses jalan menuju Banjar Jadi Desa, Desa Banjar Anyar Kecamatan Kediri, Tabanan. 

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Pohon Tumbang Tabanan BPBD Pelinggih


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV