News

Upacara "Nelu Bulanin" Jadi Klaster Covid-19 di Tabanan

Kamis, 25 Februari 2021 | 22:50 WITA
Upacara

bbn/ilustrasi/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Lonjakan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Tabanan kembali terjadi, di tengah upaya Satgas Penanganan Covid dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa yang tiap harinya terus gencar melakukan berbagai kegiatan untuk bisa merubah status zona merah. 
Kali ini pemicunya dari kegiatan upacara Nelu Bulanin yang selanjutnya jadi klaster keluarga. Seperti yang terjadi di banjar Tuka, Desa Perean Tengah, Baturiti.
 Data yang dirilis Koordinator Bidang Informasi Publik, Satgas Covid-19 Tabanan, lonjakan kasus baru terjadi Rabu (24/2) sebanyak 40 orang. 
Dari total tersebut, terbanyak klaster keluarga di Desa Perean Tengah, Baturiti. Dari peta sebaran kasus positif terbanyak di Desa Perean Tengah berjumlah 9 kasus, mereka terpapar dari anggota keluarga yang lebih dulu terkonfirmasi positif Covid-19.
Camat Baturiti I Wayan Adi Astrawan saat dikonfirmasi Kamis (25/2) membenarkan jika terjadi klaster keluarga usai ada kegiatan upacara di salah satu rumah warga di desa Perean Tengah. Bahkan pihaknya juga sudah langsung berkoordinasi dengan satgas desa untuk segera melakukan penanganan lebih lanjut. 
“Saya yakin pihak satgas desa setempat sudah terus memberikan edukasi tentang protokol kesehatan, dan juga sudah melakukan penanganan lebih lanjut terkait klaster keluarga yang terjadi di Perean Tengah,” ucapnya.
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika terus mengimbau masyarakat agar jangan abai dengan protokol kesehatan. Karena jika sudah terjadi klaster upacara adat dan klaster keluarga, kasus akan terus melonjak. 
“Diri sendiri atau masing-masing tidak paham dan sadar betul penanganan Covid, sehingga masih banyak kegiatan yang memicu kerumunan, intinya jangan abai, jangan lalai terus lakukan wajib masker, cuci tangan dan menjaga jarak,” ujarnya. 

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Kasus Baru Covid-19 Nelu Bulanin Covid-19 Tabanan Klaster Upacara Adat


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV