News

Bupati Mahayastra Serahkan 1 Unit Truk Sampah di Desa Bakbakan

Kamis, 25 Februari 2021 | 23:00 WITA
Bupati Mahayastra Serahkan 1 Unit Truk Sampah di Desa Bakbakan

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Bupati Gianyar, Made Mahayastra menyerahkan 1 unit truk sampah kepada Desa Bakbakan pada Kamis (25/2). 
Truk Sampah diberikan untuk mendukung pengolahan sampah berbasis reduce, reuse, dan recycle (TPS3R) Puspa Aman di setiap desa. Bupati Mahayastra mengatakan biasanya dia memberikan bantuan truk kepada mereka yang sudah menjalankan Puspa Aman. Namun, di Desa Bakbakan Bupati Mahayastra melihat semangat yang luar biasa. 
"Awalilah semua dengan kesepakatan bahwa kita sepakat membuat desa kita bersih dan harus ada parameternya," ucapnya. 
Parameter-parameter itu dilihat dari regulasinya dulu, ada peraturan desa. Setelah peraturan desa dibuat diperkuat dengan pararem/turunan dari peraturan desa. Sampah harus menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah. 
Kalau berjalan dengan baik, Puspa Aman ini akan menghasikan kompos yang bernilai ekonomis. Bupati Mahayastra meminta tahun 2022 setiap desa harus memiliki Puspa Aman dan TPS3R. 
"3 desa memiliki 1 TPS3R, boleh, kalau desa tersebut kecil," ujarnya. 
Sementara itu, Perbekel Bakbakan, I Gede Indra Ariwangsa, SH. mengatakan, untuk program pengolahan sampah pihaknya sudah mulai membentuk kader dari setiap banjar dan sudah ada bank sampahnya yakni Bank Sampah Bumi Ayu Desa Bakbakan. 
Dari program bupati, pihaknya akan membuat TPS3R yang berada di Banjar Kabetan dan akan bersinergi dengan Puspa Aman serta Taman Hatinya PKK. Sementara pihaknya mengaku belum mempunyai pengolahan sampah, tapi kedepanya setelah berdirinya TPS3R,  untuk sampah-sampah organik akan dijadikan pupuk organik. 
Sedangkan untuk sampah plastik pihaknya sudah bekerjasama dengan 2 yayasan yaitu Bumi Sasmaya dan Griya Luhu, dimana pihaknya sudah mulai dibantu mengajarkan masyarakat untuk memilah sampah dari rumah tangga. 
Dia juga menambahkan untuk pupuk komposnya kedepan akan dipergunakan untuk pertanian organik di desanya. Kedepanya dia berharap, dengan adanya 1 unit truk sampah bantuan dari Pemkab Gianyar, desanya menjadi bersih dan asri.

Penulis : Kontributor Gianyar

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Desa Bakbakan Bantuan Truk Bupati Mahayastra Gianyar Pengolahan Sampah


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV