Ekbis

5 Tips Agar Pemakaian Pulsa Seluler Lebih Hemat

Kamis, 25 Februari 2021 | 21:30 WITA
5 Tips Agar Pemakaian Pulsa Seluler Lebih Hemat

bbn/ilustrasi/net

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Semenjak kemunculan teknologi digital dan internet, mengisi pulsa bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah secara online. 
Tak perlu repot-repot pergi ke konter pulsa, Anda dapat melakukan pengisian ulang pulsa dimanapun dan kapanpun dibutuhkan. Metode pembayarannya pun cukup beragam, mulai dari transfer langsung dari rekening, hingga bayar di lain hari pakai fasilitas paylater. 
Namun, karena perkembangan teknologi pula pemakaian pulsa menjadi semakin besar. Tak sekadar untuk berkomunikasi, konsumsi pulsa seakan tak bisa terbendung karena keharusan untuk senantiasa terhubung ke dunia maya setiap waktunya. Alhasil, setiap kali pulsa mulai menipis, mau tidak mau Anda harus segera melakukan pengisian ulang yang membuat pengeluaran membengkak secara signifikan. 
Jika tidak dikontrol sedari sekarang, pengeluaran untuk pulsa ini lambat laun akan semakin menggerogoti keuangan. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa pemakaian pulsanya terlalu boros dan sedang mencari cara untuk menghematnya, 5 tips berikut ini bisa menjadi solusinya.
1. Pilih Paket Internet yang Sesuai Kebutuhan
Tak hanya untuk berkomunikasi, HP atau smartphone saat ini juga banyak dijadikan sebagai platform untuk terhubung ke internet. Agar bisa terhubung ke dunia maya, pengguna smartphone tentu harus terlebih dahulu membeli paket data internet yang biasanya dibayar menggunakan pulsa. 
Tergantung kualitas jaringan, jumlah kuota, dan masa aktifnya, pembelian paket data internet ini bisa memangkas pulsa dengan cukup besar. Maka, tak ayal jika konsumsi pulsa terbesar bagi kebanyakan orang berasal dari pembelian paket internet ini. 
Untuk mengendalikannya, Anda dapat memilih paket data internet yang sesuai dengan kebutuhan atau pemakaian. Pilih paket internet dengan kualitas jaringan yang lancar di tempat Anda, serta jumlah kuota yang mencukupi segala aktivitas internet Anda secara optimal. Dengan begitu, pulsa tidak akan banyak terbuang karena membeli paket internet dengan harga paling terjangkau, namun tetap bisa memenuhi segala kebutuhan.
Misalnya, jika di daerah Anda provider XL memiliki jaringan yang lebih bagus, maka cobalah berlangganan paket internet XL. Begitu juga dengan provider lainnya.
2.  Tak Berlebihan Gunakan Pulsa serta Kuota Internet 
Agar lebih hemat, Anda wajib memakai pulsa dan kuota internet sesuai dengan keperluan saja. Hindari memakai pulsa atau kuota internet pada hal-hal yang dirasa kurang bermanfaat, seperti, streaming musik atau video non stop, terlalu lama bermain media sosial, dan lain sebagainya. Selain itu, jika ada Wi-Fi, prioritaskan smartphone untuk terhubung ke jaringan internet tersebut agar kuota internet bisa tahan lebih lama. 
3.  Buat Pos Keuangan Khusus Pembelian Pulsa
Membuat pos keuangan yang khusus untuk pembelian pulsa online mampu membantu Anda agar tak boros. Alih-alih melakukan isi ulang setiap kali pulsa habis, Anda dapat membeli pulsa dengan nominal yang besar untuk pemakaian satu bulan. Cara ini terbukti jauh lebih hemat dan praktis karena secara otomatis Anda akan menyesuaikan pemakaian pulsa dengan jatah yang sudah ditentukan tersebut.
Selain itu, dibanding membeli pulsa berulang kali dengan nominal yang kecil, pembelian pulsa sekali dengan nominal yang besar sekaligus jauh lebih optimal bagi keuangan. Sebagai contoh, dalam sebulan, konsumsi pulsa Anda adalah Rp100 ribu. Saat membelinya dengan nominal Rp5.000, Anda perlu melakukan pengisian ulang sebanyak 20 kali dengan harga pulsa yang biasanya sedikit lebih mahal, antara Rp5.500 hingga Rp6.000.
Artinya, untuk mendapatkan pulsa sejumlah Rp100 ribu, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp110 ribu hingga Rp120 ribu per bulan. Namun, saat membeli pulsa langsung dengan nominal Rp100 ribu, harga yang perlu Anda bayar hanyalah Rp101 ribu hingga Rp105 ribu saja. Dari sini sudah terlihat berapa banyak selisih uang yang harus Anda keluarkan untuk pembelian pulsa sekali dengan nominal besar dibanding berulang kali dengan nominal yang kecil.
4. Hindari Berlangganan Layanan SMS Premium
Anda pasti tidak asing dengan layanan SMS premium yang identik dengan cara berlangganan “REG Spasi”. Saat berlangganan layanan tersebut, pulsa Anda akan tersedot secara terus-menerus setiap harinya. Tak tanggung-tanggung, setiap kali menerima SMS premium, pulsa yang hangus bisa mencapai 2000, hingga 5000 Rupiah. 
Oleh karena itu, saat menerima pesan singkat yang menawarkan layanan SMS premium ini, jangan pikir dua kali untuk mengabaikannya. Bila perlu, blok saja nomornya agar risiko mengaktifkan fitur langganannya secara tidak sengaja tak sampai terjadi. Kalau sudah terlanjur berlangganan, cari tahu cara untuk menonaktifkannya yang biasanya bisa dilihat melalui isi SMS premium yang diterima. 
5. Jangan Ragu Manfaatkan Penawaran Khusus atau Promosi dari Operator
Tips terakhir agar pengeluaran untuk pulsa dapat ditekan adalah memanfaatkan penawaran khusus atau promosi oleh operator seluler yang Anda gunakan. Pada beberapa kali kesempatan, pihak operator mungkin akan menawarkan paket yang lebih hemat pada layanan telepon, SMS, maupun internet. 
Dengan membeli paket tersebut, Anda bisa mendapatkan layanan seluler dengan kualitas yang lebih baik, namun dengan harga yang lebih murah. Tak datang setiap waktu, jangan ragu untuk memanfaatkan penawaran khusus ini jika tersedia agar pengeluaran Anda dapat terpangkas. 
Keuangan Tak Lagi Merana Karena Pemakaian Pulsa yang Boros
Ketergantungan masyarakat akan smartphone dan beragam fitur yang tersemat di dalamnya membuat kebutuhan akan pulsa juga tak bisa dihindarkan. Karenanya, kalau pemakaiannya sampai boros, pembelian pulsa sangat mungkin untuk membengkakkan pengeluaran dan membuat kondisi keuangan semakin merana. 
Oleh karena itu, Anda perlu mengaplikasikan 5 tips di atas agar pemakaian pulsa bisa menjadi lebih hemat. Kalau sudah begitu, secara otomatis pengeluaran akan semakin terjangkau dan keuangan lebih kondusif dalam memenuhi kebutuhan lainnya dengan tanpa masalah. 

Penulis : Rilis Pers

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV