News

Distan Tabanan Terima 12 Proposal untuk Bantuan Bibit Babi

Jumat, 26 Februari 2021 | 22:50 WITA
Distan Tabanan Terima 12 Proposal untuk Bantuan Bibit Babi

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Tahun 2021 ini, Pemprov Bali melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan berencana akan memberikan bantuan 1.700 bibit babi kepada peternak. 
Bahkan, anggarannya sudah dialokasikan dalam APBD Induk 2021. Untuk di Kabupaten Tabanan dipastikan akan diberikan, hanya saja masih belum diketahui berapa kuota yang diperoleh.  
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Tabanan, I Nyoman Budana dikonfirmasi Jumat (26/2) mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih belum menerima informasi terbaru terkait dengan kuota bibit babi yang nantinya diterima kelompok ternak Tabanan. Hanya saja, saat ini lanjut kata Budana, sudah ada 12 proposal masuk untuk bisa memperoleh bantuan tersebut.  
“Kemungkinan masih berproses di Provinsi, apalagi ini hibah dari anggota DPRD Bali,” terang Budana. 
Dan untuk 12 proposal yang telah masuk tersebut dikatakannya sudah masuk ke Dinas Pertanian provinsi Bali, dan kemungkinan akan terus bertambah jika masih ada slot tersedia. 
Terkait hal ini pihaknya juga akan terus memperjuangkan, agar Tabanan bisa mendapatkan tambahan kuota. Di sisi lain disinggung terkait kondisi ternak babi di Tabanan, Budana mengakatan, sejak berkurangnya populasi babi karena banyak yang mati akibat mewabahnya flu babi Afrika atau African Swine Fever (ASF), kini masyarakat sudah mulai kembali beternak. 
“Sudah ada sejumlah peternak yang mulai membeli bibit dan beternak lagi, meski memang jumlahnya belum banyak lantaran harganya mahal,” ucapnya.
Budana menegaskan, sejalan dengan mulainya warga beternak babi, pihaknya sudah selalu melakukan sosialisasi untuk melakukan bio security. Selain itu juga sanitasi lingkungan sangat perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan kandang. 
Untuk peternak skala besar sudah menerapkan hal tersebut, kemungkinan yang masih belum maksimal ada peternak mandiri yang biasanya di perumahan warga. 
"Setiap kecamatan petugasnnya sudah melakukan sosialisasi langkah antisipasi kesehatan kandang serta sanitasi lingkungan. dan kami lebih fokus ke wilayah yang dulu masif terserang virus," ungkapnya. 

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Bibit Babi Tabanan Flu Babi Populasi Babi


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV