News

Ucapkan Selamat Nyepi, Jokowi: Momentum Intropeksi Diri

Sabtu, 27 Maret 2021 | 20:20 WITA
Ucapkan Selamat Nyepi, Jokowi: Momentum Intropeksi Diri

bbn/Setpres

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 bagi umat Hindu. Sejatinya peringatan Nyepi kali ini dikatakan Jokowi bisa menjadi momentum untuk intropeksi diri.
"Atas nama pemerintah dan pribadi, saya menyampaikan selamat Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 kepada umat Hindu di seluruh Tanah Air Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya yang ditayangkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (27/3/2021) dikutip dari Suara.com.
Jokowi lantas mengajak seluruh umat Hindu di Indonesia untuk memaknai Hari Nyepi sebagai kesempatan untuk kembali menata pribadi untuk ke arah yang lebih baik.
"Saya mengajak umat Hindu di seluruh Tanah Air menjadikan peringatan Nyepi tahun ini menjadi momentum untuk introspeksi serta menata kembali sikap dan perilaku kita dalam menjaga keharmonisan dengan alam, dengan sesama, dan dengan Sang Pencipta. Sehingga pergantian tahun baru Saka ini akan bisa memberikan vibrasi positif bagi kehidupan kita," ujarnya.
Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga berterima kasih karena rangkaian peringatan Hari Suci Nyepi kali ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, peringatan Hari Suci Nyepi yang menjalankan protokol kesehatan itu selaras dengan nilai-nilai Nyepi itu sendiri yang menuntun umat Hindu melaksanakan Catur Brata Penyepian.
Nilai-nilai tersebut meliputi amati geni (tidak menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).
"Dengan menjalankan rangkaian Nyepi ini umat Hindu memberikan jeda waktu kepada alam semesta untuk menata kembali keseimbangannya, memuliakan alam, juga memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan kita," tuturnya.

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Jokowi Nyepi Umat Hindu Tahun Baru Saka


Beritabangli.com - Media Online Bangli Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Bangli, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV