Informasi

Dewan dan Disdik Tabanan Kaji Penerapan Pembelajaran Tatap Muka

Rabu, 31 Maret 2021 | 22:20 WITA
Dewan dan Disdik Tabanan Kaji Penerapan Pembelajaran Tatap Muka

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Soal pembelajaran tatap muka (PTM) masih menjadi menjadi kajian dari pemerintah daerah Tabanan. 
Pada Rabu, (31/3) Komisi IV DPRD Tabanan menggelar rapat dengan Dinas Pendidikan Tabanan. Rapat tersebut membahas sejumlah masalah, yang paling disoroti adalah mendorong Pemkab Tabanan segera membuka pembelajaran tatap muka (PTM). Namun di sisi lain sebanyak 4.895 guru belum tuntas divaksin, sementara pusat menargetkan guru harus divaksin sampai akhir Mei 2021. 
Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Tabanan I Gusti Komang Wastana. Selain Dinas Pendidikan, rapat kerja tersebut mengundang Musyarawah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SD dan SMP, Klinik Pendidikan Tabanan, Dewan Pendidikan dan Koordinator Kelompok Kerja Kepala Sekolah. 
Kepala Dinas Pendidikan I Nyoman Putra mengatakan sesuai dengan SKB 4 Menteri PTM mulai digelar awal Juli 2021. Hanya saja untuk di Tabanan bisa saja digelar mendahului asalkan sudah ada ijin dari pimpinan. Serta guru yang ada di Tabanan sudah tervaksin. 
"Kami juga berharap, Komisi IV ikut mendorong guru diprioritaskan vaksin. Karena ada imbauan, sekolah yang gurunya sudah divaksin secara bertahap diupayakan melaksanakan PTM secara terbatas," ujarnya. 
Menurutnya data guru yang sudah disetorkan ke Dinas Kesehatan untuk divaksin sebanyak 4.895 orang. Pihaknya belum bisa menyebut berapa persen guru yang sudah divaksin. Karena tak menutup kemungkinan dari jumlah tersebut sudah ada divaksin melalui program yang ada di desa. 
"Intinya sesuai dengan perintah SKB 4 Menteri pemerintah mendorong guru akhir Mei 2021 sudah divaksin," jelas Nyoman Putra. 
Dia menyebutkan sebagai langkah kesiapan, ketika Pemkab Tabanan sudah siap mengelar PTM, Dinas Pendidikan akan melakukan simulai. Simulasi ini menggambarkan bagaimana proses pembelajaran, gambaran pelaksanaan protokol kesehatan dan lain-lain. 
"Yang jelas ketika PTM ini dibuka siswa yang masuk kelas hanya 50 persen. Dengan rincian siswa SMP 18 siswa, SD 15 siswa dan siswa TK 5 orang di masing-masing kelas," tegasnya. 
Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Tabanan Gusti Komang Wastana menegaskan PTM memang harus segera dibuka. Sejalan dengan itu segala persiapan harus dilakukan. Salah satunya dewan segera memanggil Dinas Pendidikan untuk memprioritaskan guru divaksin. 
"Segera kita akan koordinasikan, kapan seharusnya guru bisa vaksin. Kalau memang vaksin kurang harus sering berkoordinasi," katanya. 
Tak hanya itu Pemerintah Provinsi Bali juga segera melakukan koordinasi ke pusat agar vaksin bisa ditambah ke kabupaten. Sebab PTM ini penting dilakukan karena selama ini, pembelajaran jarak jauh tidak memberikan hasil pembelajaran yang maksimal khususnya kelas rendah. 
tyle="margin-bottom: 15px;">"Jadi harus segera mungkin PTM dipercepat. Untuk itu kami rapat kerja dengan Dinas Pendidikan, sedangkan kabupaten lain sudah melakukan PTM," tegasnya. 
Selain mendorong digelar nya PTM, Dewan juga menyoroti tentang pemeratan guru di Tabanan. Hingga saat ini Dewan belum menerima data rincian guru apa saja yang kurang. 
"Pemerataan guru ini selalu menjadi permasalahan yang berulang kali. Setiap rapat, ini saja yang dibahas. Untuk itu kepada dinas pendidikan saya harapkan data segera diberikan ke Dewan tujuanya untuk ikut bekerjamsa menempatkan guru dengan baik. Contohnya di Kecamatan Baturiti banyak sekolah yang belum kebagian guru secara merata," tandas politisi asal Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan ini. 

Penulis : Berita Advertorial

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Beritaklungkung.com - Media Online Klungkung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Klungkung, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :

Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:35
Viral Bule Wanita Atur Lalu Lintas di Simpang Pererenan
Viral di media sosial seorang ibu bule yang rela turun jalan demi mengatur jalanan di Canggu tepatny ...
Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:25
Berakhir Damai, Begini Pengakuan Pria Duel di Pinggir Sawah
Setelah viral di media sosial duel 2 pria di pinggir sawah Gianyar antara dua orang pengguna jalan b ...
Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:15
Cegah PMK Jelang Idul Adha, Polisi Serius Pantau Hewan Ternak
Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Polres Tabanan menyatakan serius melakukan pantauan hewan ...
Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:05
KPU Tabanan Ingin Pinjam Gudang Logistik ke Pemkab
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan terus melakukan road show untuk sosialisasi tahapan Pemilu seret ...
Jumat, 01 Juli 2022 | 21:55
KontraS: Pengesahan UU DOB, Pemaksaan Kepentingan di Papua
DPR mengesahkan tiga rancangan undang-undang daerah otonomi baru (RUU DOB) Papua dalam pengambilan k ...


Berita Lainnya

Rabu, 08 Juni 2022 | 20:35
Pajak Kendaraan Dihapus, Diganti Pajak Saat Isi Bensin di SPBU
Pajak kendaraan bakal dihapus, pengendara bakal dikenakan pajak saat isi bensin di SPBU. Muncul usul ...
Sabtu, 25 Juni 2022 | 19:30
Pasang Tulisan Tak Biasa, Warung Bakso Babi Ini Dipuji Netizen
Bakso menjadi salah satu makanan yang cukup digemari warga masyarakat Indonesia. Tak hanya daging sa ...
Jumat, 10 Juni 2022 | 21:55
Ngaku Penemuan Eril Sesuai Ramalannya, Rara Dihujat Warganet
Rara Istiati Wulandari atau yang biasa dikenal dengan Rara pawang hujan kembali menjadi sorotan. Kal ...

Trending News

Trending Terhangat

Berita Tabanan Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV