News

Banjir Bima: 2 Orang Meninggal, 27.808 Jiwa Terdampak

Senin, 05 April 2021 | 15:35 WITA
Banjir Bima: 2 Orang Meninggal, 27.808 Jiwa Terdampak

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NTB.
Dua orang dilaporkan meninggal dunia, serta 27.808 jiwa atau 9.245 kepala keluarga (KK) terdampak akibat banjir yang meluap di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat sejak Sabtu (3/4). 
Akibat banjir empat kecamatan terendam, sebagian terisolir karena jembatan putus, dan ratusan ekor ternak terseret arus. Satu dari dua korban yang meninggal yakni warga Desa Sie, Kecamatan Monta, diketahui bernama Hamid  ditemukan warga terdampar di perbatasan Desa Sie dan Tangga, Sabtu (3/4) pagi. Hamid terseret arus di sungai Dam Pela Parado dan ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa oleh warga.
“Korban diduga menyelamatkan ternak miliknya di areal persawahan, karena harus melintasi sungai cukup deras sehingga dia terseret banjir,” ujar salah satu pihak keluarga korban.
Pascakejadian, pihaknya bersama warga setempat mencari korban karena tidak pulang ke rumah. Namun setelah dicari korban ditemukan sudah tak bernyawa di sungai setempat.
“Usai ditemukan, kita langsung evakuasi ke rumah duka,” terangnya.
Adanya korban meninggal ini, pada momen peninjauan langsung pascabanjir bandang menimpa beberapa Kecamatan Kabupaten Bima, Sabtu (3/4) Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah dan Bupati Bima Indah Damayanti Putri, langsung melayat ke rumah duka dan memberikan bantuan.
Guna menyiapkan langkah antisipasi dan penanggulangan, BPBD Kabupaten Bima telah melakukan assessment dan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan dan Desa terdampak serta menyiapkan bantuan logistik untuk diberikan kepada warga terdampak banjir. 
Demikian juga dengan BPBD Provinsi NTB telah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bima untuk pemberian bantuan logistik lanjutan kepada warga terdampak banjir. 
Sementara, jumlah warga yang mengungsi ke rumah kerabat dan lokasi lainnya masih dalam pendataan BPBD Kabupaten Bima. Selain korban jiwa, kurang lebih 9.245 unit rumah warga terendam, 12 di antaranya rusak. Empat unit jembatan juga ikut terputus. Selain itu, 294 hektare lahan pertanian dan 25 hektare lahan perikanan warga ikut terdampak. 
Kondisi saat ini dilaporkan banjir sudah berangsur surut meski hujan masih berlangsung. BPBD setempat juga berkoordinasi dengan BMKG untuk mengantisipasi perkembangan cuaca di wilayah tersebut.
Warga diminta agar selalu waspada karena adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa Dompu, dan Kota Bima. 

Penulis : Ni Luh Sulastri

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Banjir Bima BPBD NTB


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV