News

Kantor Dinas Pertanian Tabanan Terbakar, Sejumlah Berkas Penting Hangus

Senin, 05 April 2021 | 21:15 WITA
Kantor Dinas Pertanian Tabanan Terbakar, Sejumlah Berkas Penting Hangus

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Kantor Dinas Pertanian Tabanan yang berlokasi Banjar Sanggulam, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, mengalami kebakaran pada Minggu (4/4) malam. 
Sebuah komputer, berkas-berkas dan dua buah lemari besi tempat penyimpanan berkas yang terletak di ruangan Bidang Prasarana dan Sarana terbakar. Namun, pihak Dinas Pertanian menyatakan ada sejumlah berkas penting yang ikut terbakar.  Tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam kejadian tersebut
Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar Pukul 20.20 WITA. Saat itu, Kantor Dinas Pertanian Tabanan dalam keadaan sepi karena hari libur. 
Namun, saat ada petugas jaga malam datang ke kantor, melihat ada asap dari ruang bidang sarana dan prasarana. Ia langsung menghubungi Kepala Kepagawaian Dinas Pertanian setempat untuk selanjutnya menghubungi Tim Damkar Tabanan. 
Selang beberapa saat, tim damkar tiba di lokasi dan api baru dapat dipadamkan setelah 2 unit damkar dikerahkan. Pasca kejadian tersebut, sejumlah barang yang ada terbakar. Barang yang terbakar diantaranya satu buah komputer, berkas-berkas dan dua buah lemari besi tempat penyimpanan berkas. 
"Peristiwa kebakaran diketahui pertama kali seorang petugas jaga malam," kata Kasubag Humas Polres Tabanan, Iptu I Nyoman Subagia, Senin (5/4). 
Pemicu kebakaran tersebut  diduga karena kelalaian seorang yang sebelumnya melakukan persembahyangan dengan sarana dupa. Dupa tersebut kemudian ditinggalkan dan membakar pelangkiran (tempat persembahan) kemudian api merembet ke wilayah lainnya. 
"Dugaannya karena adanya api dupa yang lupa dimatikan kemudian membakar pelangkiran tersebut," tandasnya.
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Pertanian Tabanan, I Gusti Putu Wiadnyana mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 20.20 Wita. Mendengar hal tersebut, ia langsung bergegas menuju Kantor Dinas Pertanian. 
Setelah di tempat, ia bersama pegawai lainnya sudah melihat asap yang begitu tebal, mengingat ruangan tersebut cukup tertutup. Mereka juga sempat menyelamatkan sejumlah berkas-berkas yang ada di lokasi. Dan informasi yang dia terima, sebelumnya pemangku setempat sembahyang dan lupa mematikan dupa tersebut sehingga terjadi kebakaran. 
Akibat kebakaran tersebut sejumlah berkas hangus. Berkas yang dimaksud adalah sejumlah dokumen serta ada dokumen penting lainnya serta sejumlah proposal. Berkas  penting yang terbakar lumayan banyak, tapi akan cobakan mencari dokumen tersebut di arsip
"Kami masih cek dulu, apakah nanti ada berkas yang perlu dibuat ulang dan bisa diselamatkan. Tapi, kalau untuk proposal-proposal itu nantinya bisa diajukan kembali. Astungkara, nantinya tidak menghambat kegiatan-kegiatan yang ada," ujarnya.

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Dinas Pertanian Tabanan Kebakaran Arsip Hangus


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV