News

Seorang Pria Nostalgia Nemu Jajanan Jadul

Jumat, 25 Juni 2021 | 10:55 WITA
Seorang Pria Nostalgia Nemu Jajanan Jadul

beritabali.com/ist/suara.com/Seorang Pria Nostalgia Nemu Jajanan Jadul

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Momen seorang pria yang menemukan jajanan jadul telah menjadi viral. Bagaimana tidak, jajanan itu menjadi nostalgia masa kanak-kanaknya. Video ini dibagikan di TikTok dan telah disaksikan lebih dari 15 juta kali. Tayangan ini juga mendapatkan 1,5 juta tanda suka dari warganet. "Di kotamu masih ada kek gini gak?," tanya sang pria di caption TikTok, Kamis (24/6/2021).
Ternyata, jajanan jadul itu adalah permen gulali yang memang populer di masa lalu. Pria ini menunjukkan ia bertemu seorang bapak-bapak penjual gulali. Ia pun membeli satu buah permen gulali. Pembuatan permen gulali itu sendiri sangat menarik. Bapak itu nampak mencairkan permen yang sudah mengeras.
Permen dicairkan dengan wajan yang dipanaskan hingga meleleh. Setelah setengah meleleh, bapak itu mulai membuat permen gulali dengan bentuk yang menarik. Permen itu dibentuk menyerupai bebek dan ditempelkan di sebuah tusuk. Proses pembentukan itu sendiri cukup rumit karena menggunakan gunting hingga besi.
Namun, bapak penjual gulali itu memang sudah ahli sehingga hal itu mudah dilakukan. Setelah jadi, penjual memberikan permen gulali berbentuk bebek itu ke pembelinya. Pria itu pun senang dan kegirangan bisa menyantap jajanan jadul yang menjadi primadona di masa kecilnya.
Warganet yang menyaksikan video itu juga ikut bernostalgia. Mereka menuliskan beragam komentar mengenai kenangan masa kecil yang juga menyukai permen gulali. "Aah "Aah gua kangen jajanan gituan di rumah gua udah kagak ada," tulis warganet.gua kangen jajanan gituan di rumah gua udah kagak ada," tulis warganet.
"Gulali jajanan gue pas waktu kecil," sahut warganet. "Masih menjadi misteri, kebanyakan yang jual gulali pasti udah tua," komen warganet. "Gue dulu suka beli pas bocil. Setelah dipikir-pikir gak higienis soalnya gak pakai sarung tangan plastik megangnya," curhat warganet. "Gue biasa beli yang bentuk terompet terus dikasih susu coklat," kenang yang lain.
"Pernah beli dibikin balon gak sih terus nanti kita tiup permen gulanya jadi gede," beber warganet. "Dah jarang banget yang jualan ini," keluh warganet. Permen Gulali, Jajanan Tradisional Indonesia. Permen gulali terbuat dari lelehan gula pasir yang sudha dicampur oleh pewarna makanan. Pewarna ini diberikan agar permen gulali dapat terlihat menarik saat dibentuk.
Permen gulali menjadi populer di era 90-an. Wujud permen tradisional yang bisa dibentuk menjadi aneka kreasi binatang hingga tumbuhan ini selalu menarik perhatian anak-anak untuk membelinya.
Biasanya, permen gulali dibentuk seperti ayam, burung, mainan, pesawat, bunga, mobil-mobilan, dll. Bahkan, ada pedagang yang bisa membuat gulali ditiup sehingga menghasilkan siulan layaknya peluit tukang parkir.
Cara membuat permen gulali ini juga cukup unik dan menarik. Pedagang biasa menyiapkan wajan kecil untuk melelehkan gula. Api yang digunakan untuk memanaskan sendiri harus kecil, sehingga pada suhu tertentu akan menghasilkan tekstur yang kenyal dan dapat ditarik.
Saat bahan gulali ini menjadi elastis, pedagang akan mudah membentuknya sesuai request pembeli. Nantinya, gulali yang kenyal itu akan mengering dengan sendiri layaknya permen saat sudah tidak panas.(sumber: suara.com)

Penulis : Media Network

Editor : Juniar


TAGS : Jajanan Jadul Permen Gulali Jajan Jajan Tradisional


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV