Akademika

Kolaborasi Penelitian Menjadi Sebuah Kebutuhan di Era-Milenial

Kamis, 08 April 2021 | 22:40 WITA
Kolaborasi Penelitian Menjadi Sebuah Kebutuhan di Era-Milenial

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Kolaborasi penelitian antar peneliti dalam perguruan tinggi dan antar perguruang tinggi saat ini menjadi sebuah kebutuhan.  Kolaborasi menjadi penting karena suatu permasalahan riil di masyarakat bersifat kompleks dan tidak bisa diselesaikan dengan melihat satu aspeknya saja.
Peneliti Warmadewa Research Center (WaRC), Made Yaya Sawitri, S.HI., M.A mengungkapkan tantangan kedepan adalah mengkolaborasikan paradigma yang berbeda-beda dari bidang ilmu yang beda. Jadi harus mencari cara untuk membuat kerangka pikir dimana bidang ilmu tersebut bisa saling melengkapi. 
“Kalau kendala antar bidang ilmu yang beda itu biasanya persepsi lama dengan baru. Banyak peneliti masih nyaman bekerja dengan framework yang sudah familiar untuk mereka,” kata Yaya di sela-sela Coaching Clinic hibah penelitian yang diselenggarakan oleh Warmadewa Research Center (WaRC) secara daring pada Kamis (8/4).
Menurutnya, tantangan lain yang juga sering muncul adalah masalah birokrasi. “Banyak tahapan sebelum bisa kolaborasi antar universitas, karena harus ada MoU dan kerja sama operasional,“ ungkap Yaya yang juga merupakan staf pengajar Prodi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Warmadewa.
Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Badung, Dr. Eng Beta Paramita, S.T., M.T mengakui jika perbedaan bidang ilmu sering menjadi masalah dalam berkolaborasi, karena terkait cara pandang yang berbeda. Kendala yang paling berat yaitu ketua harus memiliki panduan yang jelas terkait pembagian tugas. 
“Kalau ketua peneliti tidak punya roadmap sering tidak jadi kerja. Ketua harus memastikan diagram kerja dan data apa yang harus dikoleksi,” tegas Beta.

Penulis : I Nengah Muliarta

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Kolaborasi Penelitian Peneliti Universitas


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV