Kesehatan

5 Buah Ini Bisa Dikonsumsi Saat Berbuka, Untuk Hindari Sembelit Selama Puasa

Selasa, 13 April 2021 | 07:45 WITA
5 Buah Ini Bisa Dikonsumsi Saat Berbuka, Untuk Hindari Sembelit Selama Puasa

beritabali.com/ist/suara.com/5 Buah Ini Bisa Dikonsumsi Saat Berbuka, Untuk Hindari Sembelit Selama Puasa

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Masalah pencernaan seperti sembelit biasanya disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat dan malas olahraga. Terlebih di saat puasa Ramadan, beberapa orang mungkin tak memperhatikan apa saja yang ia makan, karena yang penting adalah merasa kenyang.
Maka dari itu, sembelit bisa melanda saat puasa. Kondisi ini tentu membuat perut tidak nyaman dan aktivitas beribadah bisa terganggu. Untuk menghindari sembelit selama puasa, lima buah ini bisa Anda konsumsi saat berbuka puasa.
1. Pepaya
Mengutip dari Healthline, orang-orang di negara tropis seperti Indonesi menganggap pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) lainnya. Ini dikarenakan enzim papain pada pepaya dapat membuat protein lebih mudah dicerna.
2. Jeruk
Berbagai jenis jeruk adalah camilan menyegarkan dan sumber serat yang baik. Buah jeruk juga kaya akan serat larut pektin, terutama di bagian kulitnya. Pektin dapat mempercepat waktu transit kolon dan mengurangi sembelit. Selain itu, buah jeruk mengandung flavanol yang disebut naringenin, yang dapat berkontribusi pada efek positif buah jeruk pada sembelit.
3. Kiwi
Buah mungil ini tak hanya kaya serat yang dianggap dapat melawan sembelit. Enzim yang dikenal sebagai actinidain di dalamnya juga diduga bertanggung jawab atas efek positif buah kiwi pada motilitas usus dan kemudahan buang air besar.
4. Apel
Apel juga memiliki serat larut pektin. Di usus, pektin dengan cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek , yang menarik air ke usus besar, melunakkan tinja dan mengurangi waktu transit usus. Sehingga, dapat meredakan sembelit.
5. Semangka
Meski semangka tidak memiliki kandungan serat sebanyak buah yang disebutkan di atas, tetapi buah yang menyegarkan ini mengandung sekitar 92 persen air. Sehingga semangka dapat mendorong pergerakan usus dan membantu dalam buang air besar, demikian mengutip dari WebMD.(sumber: suara.com)

Penulis : Media Network

Editor : Juniar


TAGS : 5 Buah Ini Bisa Dikonsumsi Saat Berbuka Untuk Hindari Sembelit Selama Puasa Bali Beritabali


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV