Kesehatan

Perubahan Warna Urine Bisa Disebabkan 4 Hal Ini

Kamis, 15 April 2021 | 09:50 WITA
Perubahan Warna Urine Bisa Disebabkan 4 Hal Ini

beritabali.com/ist/suara.com/Perubahan Warna Urine Bisa Disebabkan 4 Hal Ini

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Air kencing atau urine bisa menjadi indikator visual yang bagus mengenai seberapa terhidrasi anda. Sebab, urine bisa berubah tergantung berapa banyak air atau cairan lain (dari sayur/buah) yang anda konsumsi.
Urine dapat muncul dalam berbagai warna berbeda, seperti merah muda, kemerahan, coklat tua, oranye muda, kuning cerah dan bahkan biru. Sebelum panik melihat warna urine yang berbeda dari biasanya, coba ingat dulu apa yang sebelumnya anda makan.
Sebab pada sebagian besar perubahan warna urine adalah hasil dari diet yang tidak berbahaya atau perubahan konsumsi obat-obatan. Jadi hal ini tidak perlu dikhawatirkan.
Dilansir dari Livestrong, berikut beberapa makanan dapat memecah nutrisi yang mengubah warna urine.
1. Makanan dengan pewarna cerah
Bukan karena makanan itu sendiri, melainkan akibat pewarna makanan yang terkandung di dalamnya. Misalnya saja: sereal warna-warni, minuman ringan, dan snack tertentu. Beberapa pewarna makanan bisa mengubah kencing anda menjadi hijau, menurut Mayo Clinic.
2. Wortel
Pernah mendengar bahwa makan banyak wortel dapat membuat kulit Anda menjadi oranye? Hal itu karena kandungan beta-karoten dalam wortel, yang merupakan pigmen yang membuat wortel berwarna oranye.
Warna oranye, atau sedikit kecokelatan biasanya paling menonjol di telapak tangan dan telapak kaki, menurut Cleveland Clinic. Namun tak hanya kulit, beta-karoten itu juga bisa mengubah kencing anda menjadi oranye terang.
3. Vitamin C
Beberapa makanan (tetapi kebanyakan suplemen dosis tinggi) yang mengandung vitamin C bisa mengubah warna urine Anda menjadi kuning cerah atau oranye.
Ini terjadi karena vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, jadi jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak, baik melalui suplemen atau dari makanan kaya vitamin C (seperti kiwi, paprika, dan stroberi) Anda akan membuang kelebihannya lewat urine.
4. Vitamin B
Vitamin B ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk protein hewani, sayuran berdaun hijau, sereal hingga roti. Total ada delapan jenis vitamin B.
Meski makanan yang mengandung vitamin B dapat mengubah warna urine menjadi kuning cerah atau oranye, namun itu jauh lebih umum terjadi pada suplemen yang biasanya dalam dosis tinggi.
Menurut Cleveland Clinic, dari semua vitamin B, Anda kemungkinan besar akan melihat perubahan warna pada urine dengan suplemen B kompleks (yang biasanya multivitamin yang terdiri dari beberapa vitamin B yang berbeda) atau jika anda mengonsumsi riboflavin (alias B2) atau vitamin B12.
Selain itu, jika anda mengonsumsi suplemen B6, ketahuilah bahwa suplemen tersebut juga dapat mengubah bau urine anda.(sumber: suara.com)

Penulis : Media Network

Editor : Juniar


TAGS : Perubahan Warna Urine Bisa Disebabkan 4 Hal Ini Bali Beritabali


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV