News

Mengenal Virus COVID-19 Varian Delta, Berbahayakah?

Minggu, 25 Juli 2021 | 18:00 WITA
Mengenal Virus COVID-19 Varian Delta, Berbahayakah?

beritabali.com/ist/Mengenal Virus COVID-19 Varian Delta

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
COVID-19 (Corona Virus Desease) mulai dilaporkan pertama kali pada tanggal 31 Desember 2019 di Tiongkok, dimana sekitar 66% pasien berkaitan atau terpajan dengan sebuah pasar di Wuhan, Provinsi Hubei Tiongkok. WHO (World Health Organization – Organisasi kesehatan Dunia) kemudian mengumumkan COVID-19 ini menjadi pandemi dunia pada tanggal 11 Maret 20201.
Hingga Bulan Juli 2021 ini ,COVID-19 sudah menginfeksi 2,6 juta  penduduk dunia2. Berbagai varian virus COVID-19 ditemukan mulai dari varian Alfa, Beta, Gamma, Delta, Epsilon, Zeta, Eta, Theta, Lota dan Kappa. WHO menyebut Varian Delta, Beta, Alpha, dan Gamma sebagai varian yang menjadi perhatian (variant of concern/VoC). Sedangkan, sisanya dikategorikan sebagai varian yang diawasi (varian of interest/VoI)2.
Hasil studi tim peneliti gabungan dari WHO, London School of Hygiene and Tropical Medicine, dan Imperial College London menunjukkan, virus Corona Covid-19 varian Delta (B.1.617.2) punya tingkat penularan lebih tinggi 97% dibandingkan varian aslinya. Tingkat penularan itu sekaligus menjadi yang tertinggi dibandingkan varian baru Corona lainnya.
Adapun varian Alfa, Beta, dan Delta berkontribusi terhadap lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia pada saat ini. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengidentifikasi keberadaannya sejak awal Mei 20213.  Varian Delta  di Indonesia telah terdeteksi di beberapa wilayah. Pada pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) terhadap 70 sampel acak pasien COVID-19 di Kudus, Jawa Tengah setelah libur Idul Fitri 2021, ditemukan 82% sampel merupakan varian Delta4.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan terdapat kecendrungan  varian Delta menyerang anak di bawah usia 18 tahun. Berdasarkan riset Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), setidaknya 1 dari 8 kasus COVID-19 terjadi pada anak-anak. Terlepas dari kelompok usia mana yang paling rentan tertular varian Delta, perlu kita sadari bahwa semua kelompok usia dapat terinfeksi virus varian ini, sehingga kita harus lebih berhati-hati.
Halaman :

TAGS : Mengenal Virus COVID-19 Varian Delta


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV