Kesehatan

Kebersihan Mulut Dapat Mengurangi Tingkat Keparahan Covid-19

Kamis, 22 April 2021 | 06:25 WITA
Kebersihan Mulut Dapat Mengurangi Tingkat Keparahan Covid-19

beritabali.com/ist/suara.com/Kebersihan Mulut Dapat Mengurangi Tingkat Keparahan Covid-19

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa virus corona Covid-19 yang terkandung di dalam air liur dapat langsung masuk ke paru-parunya, terutama jika orang tersebut menderita penyakit gusi.
Sebuah tim peneliti internasional dari Inggris, Afrika Selatan dan Amerika Serikat mempublikasikan temuan mereka dalam Journal of Oral Medicine and Dental Research, hari ini Rabu (21/4/2021).
Berdasarkan hasil pengamatan CT scan paru-paru dari pasien yang menderita Covid-19, menunjukkan adanya rute masuk virus ke aliran darah di pembuluh darah kemudian ke paru-paru. Pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit paru-paru akibat Covid-19.
Model yang mereka gunakan didasarkan pada mulut, tempat yang mudah untuk virus berkembang, kemudian dengan adanya masalah mulut apa pun dapat memudahkan virus memasuki aliran darah.
Bergerak dari pembuluh darah di gusi, virus akan melewati vena leher dan dada, mencapai jantung sebelum dipompa ke arteri pulmonalis dan pembuluh kecil di dasar serta pinggiran paru-paru.
"Model ini dapat membantu kamu memahami mengapa beberapa orang mengalami penyakit paru-paru terkait Covid-19 dan yang lainnya tidak," kata rekan penulis studi Chapple, Profesor Periodontologi di Universitas Birmingham, dilansir Medical Xpress.
Ia juga mengatakan bahwa penyakit gusi dapat membuat gusi bocor, memungkinkan mikroorganisme masuk ke dalam darah.
Karenanya, peneliti mencatat praktik kebersihan sederhana seperti menyikat gigi secara rutin untuk mengurangi penumpukan plak, dan menggunakan obat kumur dapat mengurangi konsentrasi virus di dalam air liur. Tindakan tersebut juga mengurangi perkembangan penyakit paru-paru dan risiko keparahan Covid-19.
"Studi lain sangat diperlukan untuk menyelidiki lebih lanjut model baru ini, tetapi sementara itu kebersihan mulut harian dan pengendalian plak dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mulut," tandas Chapple.(sumber: suara.com)

Penulis : Media Network

Editor : Juniar


TAGS : Kebersihan Mulut Covid-19 Air Liur Paru-paru CT Scan Pembuluh Darah Aliran Darah Mikroorganisme Penumpukan Plak Kebersihan Mulut


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV