Ekbis

Pelajari Seluk Beluk tentang Apa Itu Pinjaman Online

Sabtu, 24 April 2021 | 15:25 WITA
Pelajari Seluk Beluk tentang Apa Itu Pinjaman Online

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Tak seorang pun bisa menyangkal bahwa teknologi telah mengambil alih hampir segala industri modern saat ini. Salah satu yang nampak jelas terpengaruh oleh kemajuan teknologi adalah industri keuangan dengan kemunculan financial technology atau fintech. 
Masyarakat zaman sekarang tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fintech, terutama yang pernah mengajukan bantuan keuangan melalui pinjaman online langsung cair atau pinjol. 
Ya, fintech tergolong cukup andal dalam menarik hati masyarakat dengan beragam kemudahan yang ditawarkan pada beragam produk atau layanan keuangannya. Bagaimana tidak? Dibandingkan dengan produk keuangan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan konvensional, dalam hal ini bank atau koperasi, fintech menawarkan layanan pinjaman dengan syarat dan proses pengajuan amat ringan. 
Bahkan, cukup bermodalkan KTP saja, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana hingga belasan juta Rupiah dalam kurun waktu tak lebih dari 24 jam, secara online. Jadi, tak mengherankan jika financial technology ini semakin hari, semakin marak digandrungi oleh masyarakat yang sedang terlilit masalah keuangan mendesak.
Meski begitu, bagi Anda yang masih awam dengan produk keuangan yang ditawarkan oleh fintech, khususnya pinjaman online, jangan terburu-buru untuk mengajukannya. Sebab, salah langkah sekali saja dalam memanfaatkan produk keuangan digital tersebut, keuangan Anda bisa terganggu. 
Oleh karena itu, sebelum melangkah maju dan memutuskan untuk menjadi nasabahnya, simak dulu sajian lengkapnya mengenai pinjaman online berikut ini. 

Apa Itu Pinjaman Online?

Pinjaman online merupakan fasilitas pinjaman dana yang disediakan oleh lembaga keuangan berbasis online. Lembaga keuangan berbasis online inilah yang biasa disebut dengan fintech atau perusahaan financial technology. Secara ringkas, fintech adalah bentuk inovasi dalam industri jasa finansial yang memanfaatkan kemajuan teknologi.
Karena berbasis online, Anda tak perlu repot-repot mendatangi kantor untuk mengajukan pinjaman online. Melainkan, Anda hanya perlu mengunjungi situs atau aplikasi resmi dari fintech tersebut untuk meminjam dana tunai secara daring. 
Kendati demikian, fintech bisa merujuk ke beberapa industri jasa finansial tertentu dan tak mengacu pada satu aktivitas keuangan digital secara spesifik. Sebagai contoh, fintech yang berfokus pada aktivitas transaksi pinjaman online biasa disebut dengan istilah fintech lending. Melalui contoh tersebut, dapat terlihat jika fintech lending merupakan salah satu contoh dari aktivitas atau layanan fintech. 
Dengan semakin banyaknya kalangan masyarakat yang tersentuh dengan teknologi, gaya hidup pun ikut berubah. Secara otomatis, hal ini membuat peminat layanan keuangan digital dan fintech lending kian bertambah setiap harinya. 
Namun, semakin banyaknya orang yang tertarik untuk memanfaatkan layanan keuangan modern tersebut berbanding lurus dengan bertambahnya oknum yang berniat melakukan penipuan pada layanan keuangan tersebut. Oleh karena itu, selaku nasabah, Anda perlu mencari penyedia pinjaman online yang terpercaya dan pastikan telah mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK selaku pengawas jasa keuangan di Indonesia. 

Kelebihan Pinjaman Online

Tak dapat dimungkiri jika teknologi memudahkan hampir semua aktivitas yang dilakukan oleh manusia masa kini. Hal ini dibuktikan dengan semakin mudahnya meminjam uang secara online semenjak kemunculan layanan pinjaman online. 
Salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat mengajukan pinjaman online adalah proses pengajuannya yang begitu cepat dan mudah. Selain dapat dilakukan secara daring alias tak harus mendatangi lokasi kantor fintech, Anda juga hanya diwajibkan untuk menunjukkan beberapa dokumen pribadi. 
Tanpa syarat agunan atau jaminan aset, pinjaman online bisa menjadi solusi keuangan bagi masyarakat yang terkendala syarat tersebut saat mengajukan pinjaman di bank atau koperasi. Dalam kata lain, pinjaman online merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mengalami masalah keuangan mendesak dan membutuhkan bantuan dana secepat mungkin. 

Kelemahan Pinjaman Online

Dengan berbagai kelebihannya tersebut, pinjaman online juga memiliki beberapa risiko yang wajib dipertimbangkan dampaknya. Dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya, pinjaman online umumnya memiliki beban bunga yang relatif lebih tinggi. 
e="margin-bottom: 15px;">Selain itu, tenor pinjaman online juga tak terlalu panjang, hanya 30 hari sampai 1 tahun saja. Jika mengambil masa tenor yang panjang, bunga cicilan pinjol akan semakin tinggi.
Plafon pinjaman online pun tergolong rendah ketimbang layanan serupa lainnya. Umumnya, fintech lending hanya akan mencairkan pinjaman dengan nominal hingga belasan juta Rupiah saja kepada nasabahnya, tergantung dari skor kredit dan kemampuan finansialnya. 
Yang paling mengancam adalah risiko menjadi korban penipuan penyedia layanan pinjol ilegal dan tak terdaftar OJK. Untuk mengurangi risiko tersebut, sebelum mengajukan pinjaman online, Anda perlu bersikap waspada dan mencari tahu dulu informasi legalitas dan kredibilitas layanannya. 

Tips Aman Ajukan Pinjaman Online

Agar terhindar dari risiko buruk pinjaman online, Anda perlu memahami apa saja tips aman mengajukan layanan tersebut. 
  1. Pastikan untuk mengajukan pinjaman pada fintech yang legal dan terpercaya. 
  2. Dengan tingkat bunga yang tergolong tinggi dan tenor singkat, usahakan untuk mengajukan pinjaman online dengan nominal yang sesuai dengan kebutuhan dan untuk tujuan yang jelas. 
  3. Jika memiliki beban cicilan atau tanggungan lainnya dalam jumlah besar, tahan dulu niat untuk mengajukan pinjaman online. Dengan begitu, keuangan bisa lebih difokuskan untuk melunasi tanggungan tersebut.
  4. Tips terakhir, selalu cek beban bunga serta denda keterlambatan sebelum menandatangani kontrak pinjaman online. Bila perlu, bandingkan tingkat suku bunga dan denda keterlambatan dari beberapa fintech agar Anda mampu mendapatkan layanan pinjaman online yang paling menguntungkan. 

Penulis : Tim Liputan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



News Lainnya :

Rabu, 20 Oktober 2021 | 23:55
2 Pelajar SMA Dikeluarkan dari Sekolah Akibat Video Mesum
Sepasang siswa SMA yang terlibat di video mesum di Sumatera Selatan beredar luas di media sosial. ...
Rabu, 20 Oktober 2021 | 23:40
Pompa Hidram Kodam IX/Udayana di Desa Biaung Diresmikan
Pompa hidram kegiatan non-program bantuan Kodam IX/Udayana untuk penyediaan air bersih yang ke-4 di ...
Rabu, 20 Oktober 2021 | 23:30
Sembahyang di Pura Jagatnatha, Wawali Beri Contoh Prokes
Bagi warga yang ingin bersembahyang ke Pura Agung Jagatnatha, harus mengikuti ptotokol kesehatan.&nb ...
Rabu, 20 Oktober 2021 | 23:25
Truk Pengangkut Ikan 20 Ton Terguling di Tabanan
Sebuah truk bermuatan ikan sekitar 20 ton terguling di Jembatan Tukad Yeh Nu di perbatasan Kecamatan ...
Rabu, 20 Oktober 2021 | 23:20
Bendera Indonesia Dilarang Berkibar di MotoGP Mandalika
Indonesia dilarang mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu kebangsaan saat pergelaran M ...


Berita Lainnya

Rabu, 06 Oktober 2021 | 17:40
Sosok Guru STM Cantik Bikin Murid Cowok Ogah Bolos
Seorang guru STM (Sekolah Teknik Menengah) menjadi perbincangan karena dinilai memiliki wajah yang c ...
Senin, 04 Oktober 2021 | 08:40
Viral Buruh Bongkar Jatah Lembur di Pabrik
Viral buruh pabrik bongkar upah lembur kerja. Begitu tahu upah lembur mereka, netizen langsung nyese ...
Kamis, 07 Oktober 2021 | 08:20
Viral Aksi Pengawalan Mobil TNI Bikin Salut Publik
Pengawalan pejabat atau orang penting lainnya di jalan raya identik dengan aksi motor atau mobil pol ...

Trending News

Trending Terhangat

Berita Bali TV