News

Desa Tenganan Pegringsingan dan Kisah Orang-Orang Paneges

Minggu, 25 Juli 2021 | 10:35 WITA
Desa Tenganan Pegringsingan dan Kisah Orang-Orang Paneges

beritabali.com/ist /karangasemkab.go.id/Desa Tenganan Pegringsingan dan Kisah Orang-Orang Paneges

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Desa Tenganan Pegringsingan di Kabupaten Karangasem, merupakan salah satu desa Bali Aga yang masih bertahan hingga kini. Desa ini ditetapkan Pemerintah Kabupaten Karangasem sebagai salah satu objek wisata andalan.
Lahirnya Desa Tenganan Pegringsingan berkaitan erat dengan kisah orang-orang Desa Paneges yang memburu kuda Raja Bedahulu. Desa Paneges diyakini berada di daerah Bedulu, Gianyar, dekat dengan Pura Goa gajah Saat ini.
Diceritakan, Raja Bedahulu memiliki kuda kesayangan yang bernama Kuda Once Srawa. Tatkala akan melaksanakan yadnya atau upacara, kuda sang Raja menghilang. Padahal kuda ini bakal digunakan sebagai hewan korban dalam upacara tersebut.
Untuk mencari Kuda Once Srawa, Raja Bedahulu menugasi para patih dan prajuritnya yang disebar ke segala arah. Orang-orang Paneges mendapat tugas mencari kuda itu ke arah timur.
Ternyata rombongan orang-orang Paneges ini berhail menemukan kuda sang Raja. Kuda itu ditemukan di sebuah hutan lebat yang dikelilingi bukit-bukit kecil. Kuda yang dikeramatkan itu ditemukan dalam keadaan sudah mati. Tidak diketahui sebab-sebab kematiannya. Tidak ada bekas luka dan tanda-tanda penyakit.
Halaman :

TAGS : Desa Tenganan Pegringsingan Dan Kisah Orang-Orang Paneges Karangasem


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV