Kesehatan

5 Tips Untuk Hidup dengan PCOS Menurut Dokter

Kamis, 29 April 2021 | 08:45 WITA
5 Tips Untuk Hidup dengan PCOS Menurut Dokter

beritabali.com/ist/suara.com/5 Tips Untuk Hidup dengan PCOS Menurut Dokter

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kelainan hormonal yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista kecil di tepi luar. Penyebab sindrom ovarium polikistik tidak dipahami dengan baik tetapi mungkin melibatkan kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Gejala bervariasi bagi setiap perempuan. 
Dilansir melalui Healthshots, banyak perempuan dengan PCOS mengalami kenaikan berat badan atau kesulitan menurunkan berat badan.
Perempuan lain mungkin mengalami jerawat, pertumbuhan rambut wajah dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Perawatan termasuk pil KB untuk mengatur siklus menstruasi.
Selain itu, obat-obatan digunakan untuk mengobati resistensi insulin dan untuk mengontrol tinggi kolesterol, jika ada. perempuan dengan PCOS diberikan hormon untuk meningkatkan kesuburan.
Selain obat-obatan, Anda juga dapat melakukan beberapa perubahan pada gaya hidup Anda untuk mengelola kondisi secara efektif. Melakukannya juga dapat mengurangi risiko terkena masalah kesehatan lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung.
Berikut adalah 5 tips gaya hidup, diet dan kebugaran bagi mereka yang hidup dengan PCOS:
1. Makan dengan penuh perhatian
perempuan yang hidup dengan PCOS juga cenderung mengalami resistensi insulin. Oleh karena itu, mereka harus beralih ke pola makan yang rendah gula dan karbohidrat sederhana lainnya. Disarankan untuk mengurangi asupan garam. Selain itu, makanan kaleng dan makanan cepat saji harus dihindari.
Sebaliknya, makanlah makanan yang kaya serat, protein, dan zat besi. Tambahkan sayuran dan buah-buahan musiman; daging tanpa lemak seperti unggas; dan biji-bijian berserat tinggi untuk makanan.
2. Olah raga secara teratur
Jika Anda memiliki PCOS, teruskan bergerak! Olahraga teratur membantu memerangi obesitas dengan membakar kalori dan membangun massa otot, yang menurunkan resistensi insulin. Ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol.
3. Kebersihan tidur
Salah satu fitur PCOS yang sering diabaikan adalah hubungannya dengan gangguan tidur. Studi terbaru mengungkapkan prevalensi tinggi gangguan tidur pada perempuan yang hidup dengan PCOS, menunjukkan bahwa itu adalah faktor yang bisa diperbaiki. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidur selama 6 hingga 9 jam sehari.
4. Katakan tidak pada alkohol dan tembakau

BACA JUGA:

strong>
Merokok dan mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, aterosklerosis, dan diabetes. Jika Anda hidup dengan PCOS, Anda lebih rentan terhadap kondisi ini.
5. Dapatkan dukungan dalam menangani PCOS
Ingatlah bahwa Anda tidak sendiri! Tidak apa-apa untuk tidak baik-baik saja. Jangan malu dengan gejala yang Anda alami. Tidak ada yang 'aneh' atau 'tidak normal'. Bersikaplah terbuka untuk berbagi perjuangan Anda karena ada banyak perempuan lain di luar sana yang merasakan hal yang sama seperti Anda.
PCOS dapat dikelola sampai batas tertentu dengan perubahan gaya hidup sederhana ini!(sumber: suara.com)

Penulis : Media Network

Editor : Juniar


TAGS : 5 Tips Untuk Hidup Dengan PCOS Menurut Dokter Bali Beritabali


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV