Informasi

Bupati Sanjaya Launching Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali

Sabtu, 01 Mei 2021 | 09:50 WITA
Bupati Sanjaya Launching Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali

beritabali.com/ist/Bupati Sanjaya Launching Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, mengapresiasi program Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali, yang merupakan salah satu inovasi dalam upaya mendorong peningkatan perekonomian Kabupaten Tabanan di masa pandemi saat ini.
Apresiasi tersebut ditunjukan Bupati Sanjaya dengan membuka secara resmi Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali, ditandai dengan melakukan goresan pertama lukisan rumah kemuliaan dan dilanjutkan oleh seorang pelukis untuk finishing kemudian diserahkan kepada Ketua Kadin Tabanan, Jumat (30/4) pagi, di kantor BPD Bali cabang Tabanan.
“Gagasan ini sangat menarik sekali. Apresiasi saya berikan kepada pihak BPD dan Tabanan Hub yang sudah bisa memfalisitasi tujuh asosiasi yang ada di Kabupaten Tabanan, sebagai upaya mendorong peningkatan perekonomian di Kabupaten Tabanan,” ujar Sanjaya dalam sambutannya saat itu.
Mengingat mayoritas penduduk Tabanan yang sebagian besar masyarakat menggantungkan mata pencaharian di sektor pertanian dan UMKM serta didukung sektor Pariwasata, Bupati Sanjaya meyakini, dengan adanya Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali ini akan sangat berperan aktif dalam pembangunan perekonomian di Kabupaten Tabanan.
Disamping itu, orang nomer satu di Tabanan itu juga mengatakan sektor Pertanian dan UMKM yang didukung sektor pariwisata mempunyai kontribusi yang sangat penting dalam pembangunan di Kabupaten Tabanan. Dan dapat dilihat dalam bentuk perluasan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja dalam jumlah yang cukup signifikan.
Bupati Sanjaya melanjutkan, hal ini dikatakannya sangat sesuai dengan visi misi Kabupaten Tabanan yang telah ditetapkan dalam membangun Tabanan 5 Tahun ke depan, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).
“Jadi kita membangun di Tabanan ini melalui sebuah pola, yakni dengan melihat potensi yang ada di semua Desa dengan melakukan program Desa Presisi, sehingga pembangunan mampu menyeluruh secara bertahap dan terencana sesuai dengan data yang akurat,” imbuh Sanjaya.
Ia juga sangat menyadari, dalam masa pandemi ini sangat sulit untuk mengejar target di dalam pembangunan. Namun pihak di jajaran Pemkab Tabanan selalu optimis bisa membangkitkan perekonomian di kabupaten Tabanan. Untuk itu Ia berharap, program Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali bisa dimanfaatkan dengaan sebaik-baiknya.
Usai memberikan sambutan, Bupati Sanjaya yang saat itu didampingi oleh Ketua DPRD, jajaran Forkopimda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, serta Kepala BPD Bali dan BPD Cabang Tabanan, Ketua Komite Tabanan Hub beserta jajaran dan undangan lainnya, berkesempatan meninjau puluhan stan yang menjajakan produk olahan pertanian dan UMKM se-Kabupaten Tabanan, sebelum melakukan dialog dalam seminar dengan tema menjadi “Pengusaha Berdaya Saing Menuju Tabanan Era Baru” yang digelar di Gedung kesenian I Ketut Maria.
Nampak juga saat itu Bupati Sanjaya dalam setiap kunjungannnya, memborong beberapa olahan produk yang tersedia di stan tersebut. Ia juga sempat mengapresiasi salah satu produk olahan lokal, yakni kopi Cipir yang dibuat dari biji kecipir yang dijajakan salah satu stan. Menurutnya olahan ini merupakan olahan yang betul-betul kreatif dan sangat inovatif.
“Kopi Cipir ini sangat luar biasa karena terbuat dari biji buah kecipir dan merupakan produk unggulan Tabanan. Mudah-mudahan dengan adanya rumah kreatif Tabanan Hub-BPD Bali ini menjadi salah satu program unggulan pemulihan ekonomi di Tabanan yang berkelanjutan serta inspirasi usaha bagi generasi muda,” tegas Sanjaya lagi.
Sebelumnya, Ketua Komite Tabanan Hub I Gusti Ngurah Raka Sumarjana, mengatakan tujuh asosiasi yang tergabung dalam Tabanan Hub ini diantaranya, HIPMI Tabanan, Kadin Tabanan, PHRI Tabanan, Junior Chamber Internasional Tabanan, ICSB Tabanan dan NCPI Tabanan, yang merupakan bentuk kolaborasi komunikasi asosiasi dan organisasi di sektor bisnis yang ada di Tabanan.
Ia mempunyai maksud agar kolaborasi ini memberikan dampak yang positif baik dampak sosial maupun ekonomi bagi khususnya pelaku UMKM di Tabanan. Mengingat Tabanan memiliki sumber daya alam yang melimpah dan SDM yang kreatif terutama para millennial yang merupakan anak-anak muda Tabanan.
“Potensi Tabanan yang luar biasa baik dari alam maupun SDM terutama millennial di Tabanan. Ide-ide kreatif, energy yang luar biasa harus kami buatkan iklim yang baik bagaimana temen-temen terutam millennial ini bisa berkembang dengan baik,” ujarnya.

Penulis : Humas Tabanan

Editor : Juniar


TAGS : Bupati Sanjaya Launching Rumah Kreatif Tabanan Hub-BPD Bali Tabanan Bali Beritabali


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV