Informasi

DPRD Tabanan Akan Keluarkan Kajian Aset Bidik 15 Item

Senin, 03 Mei 2021 | 22:55 WITA
DPRD Tabanan Akan Keluarkan Kajian Aset Bidik 15 Item

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
DPRD Tabanan akan segera mengeluarkan kajian aset Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk peningkatan pendapatan daerah. 
Nantinya akan dilakukan kajian sekitar 15 item aset bersama organisasi perangkat daerah pada rapat yang direncanakan pada Selasa, (4/5). 
Ketua Pansus VI DPRD Tabanan, I Nyoman Arnawa sesusai rapat pada Senin, (3/4) mengatakan, pembahasan tentang aset dilakukan selama lebih dari enam bulan. 
Ini terkait karena adanya kegiatan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Meski demikian dewan Tabanan khususnya pansus VI dalam waktu dekat sudah merampungkan (memfinalkan) rekomendasi terkait pendataan dan pengelolaan aset daerah agar bisa segera diimplementasikan oleh eksekutif. 
“Hari Senin rapat terakhir internal yang akan dilanjutkan dengan rapat bersama OPD terkait untuk menghasilkan rekomendasi yang nantinya diserahkan pada eksekutif. Jadi rekomendasi belum ketok palu masih sebatas kajian kajian yang dibahas, akan ada rapat lagi untuk finalisasi,” terangnya.
Arnawa yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan Tabanan ini, masih banyak disinyalir ada aset milik pemerintah daerah yang terbengkalai dan belum tersertifikat yang dikhawatirkan ke depan akan menjadi sebuah perkara. Satu contoh aset milik daearah yang akhirnya menjadi perkara, kata Arnawa yakni di kawasan Pantai Nyanyi, Kecamatan Kediri. 
“Jadi harus jelas keberadaan dan kebenaran aset ini jangan hanya katanya-katanya saja, dan harus betul betul tepat karena ini milik rakyat. Masak aset Pemda tidak ada sertifikat, jangan sampai di Tabanan ada tanah milik Pemda terbengkalai dan akhirnya hilang, dan menjadi sebuah perkara dikemudian hari, contoh seperti di kawasan pantai Nyanyi dulu,” tegasnya. 
Tak hanya aset daerah, persoalan lainnya yang dibahas adalah tentang PAD. 
“Terkait pendapatan, kami menekankan dan berharap agar eksekutif segera melakukan langkah-langkah dengan sistem, mana yang harus pakai teknologi dan mana yang harus dibiayai. Aset daerah yang dibiayai untuk meningkatkan PAD, dioptimalisasi oleh ekskutif, karena PAD salah satu andalan untuk bisa membangun daerah,” ujarnya. 
Sebelumnya Pansus VI DPRD Tabanan telah melakukan kerjanya dengan membentuk dua kelompok kerja atau Pokja. Pokja pendapatan aset dipimpin I Gusti Nyoman Omardani dan Pokja pemanfaatan aset komandoi I Putu Eka Putra Nurcahyadi. 
Kedua Pokja Pansus ini telah turun terutama Pokja pendataan aset dengan mengecek secara langsung aset-aset milik Pemkab Tabanan yang belum terdata dengan baik atau belum dimanfatkan dengan optimal.

Penulis : Berita Advertorial

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Collina Kawi Restaurant

Adalah salah satu tempat yang berlokasi di Tampaksiring, Gianyar, Bali sangat nyaman untuk menikmati hijaunya alam dengan pilihan kudapan yang nikmat dengan harga lokal, waktu santai sangat tepat untuk dinikmati dengan pilihan makanan yang bervariasi. Kontak : 081337774488



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV