News

6 Desa di Karangasem Bakal Terima Proyek Pengadaan Air Minum

Jumat, 18 Juni 2021 | 15:30 WITA
6 Desa di Karangasem Bakal Terima Proyek Pengadaan Air Minum

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Sebanyak 6 desa di Karangasem akan menerima paket proyek pengadaan air minum dengan anggaran hingga miliaran rupiah yang bakal segera terealisasi.
Enam paket proyek pengadaan air minum dengan anggaran total senilai Rp.9.426.750.230 yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut akan dibangun di enam desa di Kabupaten Karangasem diantaranya adalah Desa Sebudi, Desa Amerta Bhuana, Desa Tenganan, Desa Tulamben, Desa Sukadana dan Desa Ban.
Desa - desa tersebut merupakan desa yang telah dianggap memenuhi kriteria untuk menjadi target lokasi proyek, kriteria yang dimaksud adalah merupakan Desa pasca Pamsimas dan harus memiliki Detail Enginering Desain (DED).
 
 
"Kita sebenarnya usulkan sebanyak 8 Desa, tetapi dari 8 Desa tersebut, yang memenuhi kriteria dimaksud baru 6 Desa ini saja," kata Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Karangasem, I Ketut Prama Budarta, Jumat, (18/06/2021).
Ia menjelaskan sejauh ini di Kabupaten Karangasem ada sebanyak 45 Desa pasca Pamsimas, 15 Desa diantaranya sudah on going tersisa 33 Desa dikurangi jumlah yang memperoleh tahun ini sebanyak 6 Desa. Sehingga untuk tahun depan tersisa 27 Desa  pasca pamsimas yang berpotensi untuk diusulkan selanjutnya untuk pengadaan paket air minum.
Dari enam paket pengadaan air minum tersebut, Desa Ban mendapat anggaran dana paling besar yaitu Rp.3,1 Miliar dibandingkan Desa lainnya yang hanya mendapat dana rata - rata Rp1,2 hingga Rp1,3 Miliar. Alasannya, menurut Prama hal ini dikarenakan jarak untuk mengangkat air sampai di reservoar cukup jauh, sebelum bisa didistribusikan, harus melalui dua kali pengangkatan air dengan jarak sekitar 4 kilometer sehingga dibutuhkan dua paket mesin. 
Selain itu, untuk instalasi juga diberikan sebanyak 400 paket sambungan ke rumah-rumah warga atau dua kali jumlah dari 5 paket pengadaan air minum di Desa yang lainnya.
Sementara itu, dalam paket pengadaan ini seluruh anggaran tersebut akan dipergunakan untuk membangun reservoar, pipa distribusi, penyediaan mesin hingga peralatan lainnya. 
Nantinya untuk sambungan ke rumah - rumah warga akan diberikan secara gratis dan nantinya hanya akan dikenakan bayaran setiap bulannya untuk operasional.

Penulis : Kontributor Karangasem

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV