News

Kesalahan Sistem Peringatan Dini Tsunami, BPBD Bali: BMKG Sedang Simulasi

Kamis, 27 Mei 2021 | 16:15 WITA
Kesalahan Sistem Peringatan Dini Tsunami, BPBD Bali: BMKG Sedang Simulasi

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Sejumlah masyarakat Bali menerima pesan singkat dari akun Kominfo BMKG, terkait peringatan dini tsunami. Dalam pesan itu, peringatan din ditujukan kepada Bali, NTT, NTB, Jatim, dan Jateng. 
Peringatan itu disebutkan terjadi gempa bumi berkekuatan 8,5 SR yang menyebabkan tsunami, namun titik gempa tidak diterangkan. Hal janggal juga nampak pada hari kejadian, yakni 04 Juni 2021. Hal itu juga diakui Ratna, warga Denpasar yang menerima pesan singkat itu. 
Dia mengaku kaget dan berusaha mencari kebenarannya. Dia berharap Bali tetap aman dari bencana, terlebih saat pandemi Covid-19.
Dimintai tanggapan, Kalaksa BPBD Bali Made Rentin mengatakan pihak sedang menelusuri kebenaran info itu. Keterangan awal, dia menyebut sistem BMKG sedang eror.
"Terjadi error pada sistem, kami coba telusuri bersama kominfo terkait hal tersebut," ungkapnya. 
Dia menerangkan bahwa eror itu terjadi karena saat bersamaan BMKG sedang melakukan simulasi. Dalam simulasi itu, dipraktikkan tahapan menginformasikan peringatan dini tsunami yang harusnya hanya internal, menjadi tersebar sistem publik. 
Dirinya mengajak masyarakat untuk tidak panik, dan tetap mengikuti informasi resmi yang dikeluarkan BMKG tentang cuaca dan peringatan dini tsunami. 

Penulis : Kontributor Denpasar

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : BMKG Tsunami BPBD Bali Simulasi


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV