News

2 Desa Partisipasi Rendah di Pilkada 2020, KPU Tabanan "Turun Gunung"

Sabtu, 29 Mei 2021 | 10:35 WITA
2 Desa Partisipasi Rendah di Pilkada 2020, KPU Tabanan

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Pada hajatan Pilkada 2020, KPU Tabanan mencatat ada dua desa yang memiliki partisipasi rendah, yakni Desa Angseri di Baturiti dan Desa Pujungan. 
Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa mengatakan, Desa Pujungan partisipasinya 57,67 persen dan desa Angseri partisipasinya 54,60 persen. 
Menariknya, menurut Weda, Desa Angseri yang yang merupakan tempat asal mantan bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan bapaknya Nyoman Adi Wiryatama yang saat ini merupakan ketua DPRD Bali partisipasi pemilihnya rendah. Berbeda saat adanya Pemilihan Perbekel (pilkel) tahun 2019, yang animo pemilih capai 84 persen, dari total 3.500 pemilih.
“Menyadarkan kembali pada masyarakat pentingnya hak pilih mereka yang sudah diatur Undang-Undang dan pemerintah menyisihkan anggaran di pandemi Covid untuk memfasilitasi Pilkada,” ujarnya.
Selain sosialisasi, Weda mengatakan kesempatan itu juga digunakan juga untuk diskusi santai dengan perwakilan tokoh masyarakat untuk menggali apa yang jadi persoalan rendahnya partisipasi, apalagi sebelumnya dari KPU Provinsi Bali juga pernah melakukan sosialisasi serupa di desa setempat. 
Menurut Weda, sosialisasi pendidikan pemilih desa dengan tingkat partisipasi rendah merupakan salah satu dari tiga tema program sosialisasi KPU di tahun 2021 ini. 
Dimana pada bulan Juni, KPU juga akan menyasar sosialisasi di dua desa sasaran yang dianggap rentan terjadi pelanggaran pemilu dan dilanjutkan dengan sosialisasi di dua desa yang rawan bencana.

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : KPU Tabanan Pilkada 2020 Pemilihan Perbekel Pemilih


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV