News

Tabanan Akan Tambah 2 Pura Cagar Budaya

Jumat, 04 Juni 2021 | 16:50 WITA
Tabanan Akan Tambah 2 Pura Cagar Budaya

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Kabupaten Tabanan akan memiliki dua Pura lagi dengan status cagar budaya. Dinas Kebudayaan Tabanan tahun ini kembali mengajukan dua Pura menjadi Cagar Budaya. Saat ini untuk tahapannya sudah sampai pengurusan berkas. 
Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan, I Gusti Ngurah Supanji mengatakan, dua Pura tersebut adalah Pura Batu Belig di Desa Rejasa Kecamatan Penebel dan Pura Natar Jemeng di Desa Baru, Kecamatan Marga. Dua pura ini memiliki bagian sejarah dan terdapat peninggalan megalitikum. Jika tak ada halangan, Juni ini sudah masuk sidang penetapan.
"Sudah ditahap pemberkasan oleh tim verifikasi dari tim cagar budaya Dinas Kebudayaan Tabanan. Setelah nanti selesai barulah berkas diajukan ke tim ahli cagar budaya untuk disidangkan," ujarnya, Kamis (3/6).
Supanji menjelaskan, pengusulan dua Pura ini menjadi cagar budaya, sesuai penilaian sementara tim inventarisasi telah memenuhi syarat. Seperti  sudah berusia ratusan abad, dan masih berfungsi di bidang keagaman, serta ada kekhasan tertentu yang merupakan khas budaya Tabanan. 
“Misalnya saja ada peninggalan megalitikum. Inilah nanti yang akan kita kaji dengan tim ahli,” terang Supanji.
Jika tidak ada halangan, setelah selesai pemberkasan ini lengkap, diperkirakan bulan Juli mendatang dua pura ini sudah disidangkan ditetapkan menjadi cagar budaya tingkat Kabupaten Tabanan. Sudah ada enam pura yang ditetapkan cagar budaya dari total 368 terduga cagar budaya. 
Enam pura yang sudah ditetapkan cagar budaya adalah seluruh pura yang berada di kawasan Catur Angga warisan budaya dunia UNESCO.
Pura yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai cagar budaya adalah, Pura Luhur Batukau di Desa Wongaya Gede Kecamatan Penebel, Pura Luhur Tamba Warasa di Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Pura Luhur Muncak Sari di Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Pura Luhur Besi Kalung di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Pura Luhur Petali di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, dan Pura Luhur Sekartaji di Desa Sesandan Kecamatan Tabanan.

TAGS : Pura Tabanan Cagar Budaya Sejarah


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV