News

Masalah Tanah di Pengadilan, Keluarga Mangku Warka Dikucilkan

Selasa, 11 Januari 2022 | 18:55 WITA
Masalah Tanah di Pengadilan, Keluarga Mangku Warka Dikucilkan

beritabali/ist/Masalah Tanah di Pengadilan, Keluarga Mangku Warka Dikucilkan.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Keluarga Mangku I Ketut Warka yang tinggal di Banjar Taro Kelod, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang di-kanorayang atau dikucilkan oleh desa adat. 
Pengucilan itu dirasakan sejak tahun 2019 usai mereka memenangkan perkara tanah seluas 21 are di desa mereka.  Putra Mangku Warka, Wayan Gede Kartika menyatakan Kanorayang berawal ketika mereka menggugat keluarga I Sabit yang menempati tanah mereka seluas 21 are pada 2017. 
“Dalam perkara itu, masalah pribadi kami dengan I Sabit. Dari tingkat Pengadilan Negeri, Tinggi, sampai Mahkamah Agung kami menang,” ujarnya, Selasa (11/1).
Ketika akan mengeksekusi lahan sengketa, dari desa adat masuk. Pihak adat mengklaim di dalam lahan sengketa 21 are, yakni 8 are merupakan tanah pekarangan desa. Giliran desa adat yang menggugat keluarga Mangku Warka. 
“Kembali kami menang putusan NO,” ujarnya sambil memperlihatkan berkas tebal hasil beberapa kali sidang di pengadilan.  Setelah menang di pengadilan, justru keluarganya di-Kanorayang pada 2019. Kemudian beruntun Mangku Warka diberhentikan sebagai pemangku di Pura Desa.
“Berlanjut air ledeng (air bersih) diputus 10 Desember 2021 dan saluran irigasi sawah kami diputus 2 Januari 2022,” ujarnya.
Halaman :

TAGS : Mangku I Ketut Warka Sengketa Prajuru Adat Kanorayang Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritaklungkung.com - Media Online Klungkung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Klungkung, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Gianyar Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV