News

Dewan Dorong Eksekutif Fokus Percepatan Ekonomi dan Investasi di Karangasem

Senin, 14 Juni 2021 | 22:35 WITA
Dewan Dorong Eksekutif Fokus Percepatan Ekonomi dan Investasi di Karangasem

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
DPRD Karangasem melaksanakan rapat Paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap dua materi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Karangasem Tahun 2021-2026 dan Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 pada Senin, (14/06/2021).
Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Karangasem, I Wayan Suastika yang diikuti oleh seluruh fraksi serta dihadiri oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana dan seluruh OPD Pemkab Karangasem. Dalam rapat paripurna tersebut, pada prinsipnya, seluruh fraksi mendukung dan menyetujui untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut dengan sejumlah masukan.
Seperti dari Fraksi Gerindra misalnya, dalam pandangan umumnya, fraksi Gerindra memberikan usul dan saran, meminta kepada Pemkab Karangasem agar bisa meningkatkan lagi usaha-usaha baik secara intensifikasi maupun ekstensifikasi dalam rangka peningkatan PAD khususnya di sektor pajak Galian C. 
Selain itu, refocusing anggaran baik yang sudah dan akan dilakukan harus benar-benar bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat Karangasem, bukan untuk kepentingan kelompok atau golongan tertentu.
"Kami berharap eksekutif membuat program yang produktif dan fokus pada penanganan covid-19 serta pemulihan ekonomi agar perekonomian masyarakat bisa bangkit kembali serta terobosan inovatif dan kreatif terkait upaya menarik investor untuk menanamkan modalnya di Karangasem sehingga menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan daerah," kata I Made Dondo Wijaya, anggota Fraksi Gerindra saat membacakan pemandangan umumnya.
Sementara itu dari fraksi Catur Warna juga memberikan usul dan saran, kendati pada prinsipnya fraksi Catur Warna Karangasem mendukung kebijakan pemerintah yang berfokus kepada tujuan menyejahterakan dan pembangunan masyarakat Karangasem. 
Namun pemerintah daerah juga harus lebih fokus dalam percepatan pertumbuhan ekonomi, Investasi dan Kesehatan kendati masih di masa pandemi.
"Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, diperlukannya adanya investasi untuk mengembangkan potensi yang ada, sekaligus membuka usaha-usaha baru dan menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga diperlukan kajian terhadap potensi-potensi wilayah yang memerlukan investasi, dalam hal penanggulangan kemiskinan hendaknya Pemerintah lebih fokus menyentuh faktor-faktor penyebab kemiskinan yang mendasar dengan mengoptimalkan koordinasi, sinkronisasi program-program kegiatan yang ada," ujar Ni Putu Sriani anggota fraksi Catur Warna saat membacakan pandangan umum.

Penulis : Kontributor Karangasem

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : DPRD Karangasem Pajak Penanganan Covid-19 Investasi


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV