News

Petani di Manggis Karangasem Keluhkan Ulah Kera Liar

Rabu, 23 Juni 2021 | 11:20 WITA
Petani di Manggis Karangasem Keluhkan Ulah Kera Liar

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Sejumlah petani di beberapa wilayah Kecamatan Manggis, Karangasem mengeluhkan ulah puluhan ekor kawanan kera liar yang kerap masuk ke areal perkebunan hingga ke rumah - rumah warga.
Keluhan para petani tersebut disampaikan oleh salah seorang anggota DPRD Kabupaten Karangasem asal Kecamatan Manggis, I Wayan Tama. Menurutnya ulah jawanan kera liar tersebut sudah dianggap seperti hama bagi para petani.
Tak hanya memakan buah di kebun warga, kera - kera tersebut juga kerap masuk ke rumah - rumah warga mencuri makanan, bahkan telor ternak ayam juga tak luput dari sasaran kera tersebut.
"Kami mendapat keluhan dari para petani seperti di wilayah Desa Tenganan, Nyuh Tebel, Pesedahan, Sengkidu, Yeh poh, jumlahnya bisa sampai ratusan ekor menyebar bahkan hingga di wilayah Candi Dasa," ujarnya.
Sampai saat ini, para petani tak bisa berbuat banyak, meski telah diusir berkali - kali kawanan kera tersebut kembali datang saat para petani pergi meninggal kebun atau membiarkan rumah dalam keadaan sepi.
"Para petani hanya bisa pasrah melihat dan mengusir saja, kalo ini dibiarkan bahaya, sejauh ini belum ada penanganan karena terbentur dengan pecinta binatang," ungkap Tama.
Ia berharap kondisi ini segera mendapat perhatian dari pihak terkait, untuk dilakukan langkah kedepannya sehingga para petani tidak diresahkan kawanan kera liar ini lagi karena dianggap sangat merugikan petani.

Penulis : Kontributor Karangasem

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Merugikan Petani Kera Liar Kecamatan Manggis


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV