News

Distribusi Oksigen ke 2 RS di Gianyar Tidak Sesuai Kebutuhan

Kamis, 22 Juli 2021 | 22:15 WITA
Distribusi Oksigen ke 2 RS di Gianyar Tidak Sesuai Kebutuhan

beritabali/ist/Distribusi oksigen di 2 Rumah Sakit di Gianyar tidak sesuai kebutuhan.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Seiring dengan permintaan oksigen yang meningkat karena lonjakan kasus covid-19, distribusi oksigen ke Rumah Sakit daerah yakni RSUD Sanjiwani dan RSUD Payangan tidak sesuai kebutuhan. 
Dua rumah sakit milik Pemkab Gianyar ini kekurangan suplai setengah dari kebutuhan. Mengakibatkan, penggunaan oksigen selektif hanya untuk pasien Covid-19 dan kegawatdaruratan. Sedangkan pasien dengan tindakan operasi terencana, sebisa mungkin dilakukan penundaan jadwal. 
Direktur Utama RSUD Sanjiwani Gianyar, dr Ida Komang Upeksa ketika dikonfirmasi mengakui kondisi ini. Dijelaskan, kebutuhan oksigen untuk 1 kali 24 jam atau per hari sebanyak 219 tabung setara 1.314 meter kubik. Namun yang datang setiap hari berkisar 165 tabung. 
"Kekurangan ini sudah dikomunikasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Dan juga langsung oleh Bapak Bupati ke Gubernur," ujar Upeksa. 
Dengan atensi dari Gianyar satu, Upeksa yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Kesehatan Gianyar ini berharap oksigen dapat diterima kembali sesuai dengan kebutuhan. 
"Bahkan Bapak Bupati juga sudah menghubungi Kepala Dinkes Bali. Semoga setiap hari oksigen dapat diterima kembali sesuai kebutuhan," harapnya. 
Sementara terkait kapasitas ruang isolasi, kata Upeksa saat ini masih cukup memadai. Bahkan sedang menyiapkan ruang isolasi tambahan sehingga bisa melebihi presentase yang dianjurkan oleh Menteri Kesehatan dan Menkomarves. 
Sesuai arahan tersebut, RS diminta setidaknya menyediakan ruang isolasi 10% dari kapasitas total RS. Dan saat ini, dengan adanya peningkatan kasus diminta sampai 30% dari kapasitas total RS. Dijelaskan Upeksa, RSUD Sanjiwani tipe B kapasitas efektif saat ini mempunyai 266 TT (tempat tidur). Sehingga harusnya mempunyai 78 TT isolasi. 
"Saat ini ruang isolasi di RSUD Sanjiwani ada 64 kamar dan akan bertambah 22 kamar, ini sedang proses. Dengan demikian kapasitas ruang isolasi kami mencapai 33% melebihi dari tuntutan kemampuan sebuah RS sesuai arahan Menkes," terang dokter asal Banjar, Buleleng ini. 
Hal serupa juga diterapkan di RSUD Payangan tipe C. Dengan kapasitas efektif saat ini 60 TT seharusnya hanya menyiapkan 6 TT isolasi. Namun karena peningkatan kasus, saat ini sudah diupayakan semaksimal mungkin penambahan ruang isolasi menjadi 20 TT. 
"Jadi di Payangan juga sudah 33%, melebihi juga dari tuntutan kemampuan sebuah RS sesuai arahan Menjes," jelas Upeksa. 
Upaya penambahan kapasitas ruang isolasi ini, kata Upeksa memang sudah direncanakan dan sesuai instruksi Bupati Gianyar Made Mahayastra dalam mengantisipasi penambahan kasus. 
"Intinya kami berusaha agar masyarakat bisa astungkara terlayani," imbuhnya. 
Halaman :

TAGS :


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV