News

Kediri Jadi "Pilot Project" Desa Tangguh Anti Narkoba

Kamis, 22 Juli 2021 | 22:30 WITA
Kediri Jadi

beritabali/ist/Pencanangan Desa Kediri jadi desa Tangguh Anti Narkoba.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Meski pandemi Covid-19 tidak membuat semangat pencegahan peredaran gelap narkoba ikut redup. 
Desa Kediri, Kecamatan Kediri dicanangkan sebagai Desa Tangguh Anti Narkoba oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 
Pencanangan ini merupakan upaya preventif dalam memberantas pengedaran dan penyalahgunaan narkoba di kabupaten Tabanan. Dimana Desa Kediri dipilih sebagai pilot project mempelopori Gerakan Anti Narkoba.
Kapolres Tabanan, AKBP Mariochristy PS Siregar, saat pencanangan Kamis (22/7) menyampaikan pembentukan desa tangguh anti narkoba ini merupakan tindak lanjut arahan Kapolri dalam rangka menjaga masyarakat dari bahaya narkoba. Terlebih dari data Polres Tabanan, selama masa pandemi Covid-19, angka kasus penyalahgunaan narkoba khususnya di wilayah kabupaten Tabanan meningkat, bahkan sampai ke desa pelosok.
“Melihat trend kasusnya sangat tinggi, pemerintah bersama Kepolisian, BNN dan instansi terkait bertekad untuk memerangi Narkoba,” ujarnya. 
Keberadaan Desa Tangguh Anti Narkoba ini diharapkan bukan hanya bersifat seremonial saja melainkan bagaimana kedepan semua peduli terhadap lingkungan mulai dari tingkat keluarga, banjar, dan desa  untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan serta pengawasan terhadap generasi muda. 
Dalam artian warga harus mampu memproklamasikan bahaya narkoba kepada generasi muda supaya bebas dari narkoba. Jika semua masyarakat berpartisipasi dalam pencegahan sampai di pelosok desa, maka diyakini bisa mencapai zero kasus untuk narkoba.
“Jangan sampai terlibat kasus Narkoba, baik sebagai pengedar ataupun pemakai," ujar Mario. 
Menurutnya, pemberantasan narkoba menjadi tanggung jawab bersama. Ketika polisi telah melakukan penegakan hukum, tapi jumlah penyalahgunaan narkoba di masyarakat tidak berkurang maka hal itu menjadi tantangan tersendiri.
Perbekel Desa Kediri I Nyoman Poli bersama dengan Kawil se Desa Kediri, Jero Bendesa Adat Kediri, Jero Bendesa adat Demung , Jero Bendesa Adat Batan pole yang bernaung dibawah Desa Dinas Kediri pada kesempatan itu juga menyampaikan deklarasi yang isinya, menyatakan perang terhadap penyalahgunaan narkoba dan peredaran Narkoba yang dianggap sebagai musuh bersama.
“Kami akan menginformasikan kepada aparat penegak hukum bila menemukan dan mengetahui informasi terkait jual beli narkoba, pesta narkoba dan Bandar Narkoba,” terangnya.   

Penulis : Kontributor Tabanan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV