News

Weekend Berbagi Sasar Penyandang Disabilitas dan Anak Yatim

Sabtu, 24 Juli 2021 | 20:35 WITA
Weekend Berbagi Sasar Penyandang Disabilitas dan Anak Yatim

beritabali/ist/Program Weekend Berbagai digagas Polsek Payangan.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Kapolsek Payangan AKP I Putu Agus Ady Wijaya menyentuh penyandang disabilitas permanen dan anak yatim di Banjar Peliatan, Desa Kelusa, Kecamatan Payangan, Sabtu (24/7) lewat program Program terobosan kreatif 'Weekend Berbagi'. 
Kedatangan Kapolsek AKP Putu Agus Ady Wijaya beserta jajaran disambut Kadus Peliatan I Nyoman Sukanta. 
Paket sembako pertama diserahkan kepada anak yatim I Putu Edwin Candranata Septiawan, 4. Bocah laki-laki ini hidup sebatang kara di rumahnya setelah ayahnya I Kadek Sugiantara meninggal dunia saat Edwin baru berusia 1,5 tahun sekitar Tahun 2019. 
Sementara ibu kandungnya, pilih menikah lagi. Selama beberapa tahun terakhir, bocah Edwin diasuh oleh bibinya Ni Wayan Emi, 30. 
Setelah mengunjungi bocah Edwin, Kapolsek Payangan AKP Putu Agus Ady Wijaya lanjut mengunjungi dan menyerahkan sembako pada penyandang disabilitas cacat permanen I Gusti Ngurah Tiles, 51. 
Warga Banjar Peliatan, Desa Kelusa, Kecamatan Payangan ini tinggal mengontrak di sebuah pondok berjarak sekitar 1 kilometer ke utara dari rumah Edwin. 
Menurut istrinya Jero Wayan Sadriani, suaminya tidak bisa bekerja pasca jatuh dari memanjat pohon kelapa Maret 2007 lalu. Hingga kini terhitung sudah 14 tahun beraktivitas hanya dari atas kursi roda. 
"Setelah jatuh itu, tulang ekornya katanya patah. Jadi lumpuh sampai sekarang," jelas ibu dua anak ini. 
Untuk biaya hidup sehari-hari, Jero Wayan Sadriani mengandalkan dengan berjualan jejaitan. Namun semenjak pandemi, permintaan jejaitan dikatakan menurun. 
"Dari yayasan rutin diberikan donasi tiap bulan. Itu saya pakai untuk beli pampers dan harus dicukupkan untuk makan sehari-hari," imbuhnya. 
Kepala Dusun Peliatan, Desa Kelusa, Payangan I Nyoman Sukanta membenarkan kondisi dua warganya ini. Pihaknya mengaku sudah mengupayakan dua warga ini mendapatkan bantuan pemerintah melalui program keluarga harapan (PKH). 
"Edwin semasih bapaknya sudah dapat PKH. Kami sudah Koordinasi dengan Dinsos minta tolong agar dibantu. Sementara masih jalan. Gusti Ngurah Tiles juga sudah dapat PKH," jelasnya. 
Kapolsek Payangan AKP I Putu Agus Ady Wijaya mengatakan pembagian sembako ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Agar tepat sasaran, Polsek Payangan mencari secara door to door warga yang benar-benar kesulitan. 
"Babhin kita turunkan agar mengecek warganya. Supaya bantuan ini tepat sasaran," ujarnya. 
AKP Putu Agus berharap gerakan ini bisa menggugah kepedulian masyarakat untuk berbagi di masa pandemi.

Penulis : Kontributor Gianyar

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV