News

Ada Warga Belum Terima Bansos, Ini Penjelasan Mensos Risma

Senin, 26 Juli 2021 | 23:55 WITA
Ada Warga Belum Terima Bansos, Ini Penjelasan Mensos Risma

bbn/dok Kemensos/Mensos Risma ungkap penyebab ada warga belum terima bansos.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial (Mensos) menjawab pertanyaan perihal banyak warga yang belum menerima bantuan sosial (bansos) Covid-19. Menurutnya itu dikarenakan usulan penerima bansos berada di tangan pemerintah daerah.
Hal tersebut disampaikannya saat konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/7/2021).
"Jadi usulan penerima bansos kita serahkan kepada daerah," kata Risma dikutip dari suara.com.
Risma menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyerahkan data penerima bansos ke daerah per Januari. Setelah itu pemerintah daerah akan melakukan verifikasi dan validasi data yang diterima.
Pemerintah daerah juga yang melakukan pengecocokan ke data kependudukan. Apabila memang ada yang tidak sesuai maka pemerintah daerah memiliki hak untuk menghapus datanya. Setelah itu data dikembalikan ke Kementerian Sosial (Kemensos) untuk penyaluran lebih lanjut. Kata Risma hal tersebut juga sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang fakir miskin.
"Jadi, kalau (ada pertanyaan) kenapa tidak terima, maka daerah lah yang berhak memberikan usulan kepada kami. Contohnya di lapangan setelah kita cek daerah yang menghapus," ungkapnya.

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV