Kesehatan

Ini Cara Bedakan Oximeter Asli Atau Palsu

Selasa, 27 Juli 2021 | 11:45 WITA
Ini Cara Bedakan Oximeter Asli Atau Palsu

beritabali.com/ist/suara.com/Ini Cara Bedakan Oximeter Asli Atau Palsu

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Selama pandemi Covid-19, oximeter jadi salah satu alat yang wajib dimiliki oleh setiap pasien Covid-19. Terlebih bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri.
Penting untuk selalu memantau saturasi oksigen dalam darah dengan oximeter. Dengan begitu, pasien Covid-19 bisa mendeteksi happy hypoxia atau menurunnya kadar oksigen yang bisa berujung pada berhentinya detak jantung pasien Covid-19 yang kemudian mengakibatkan kematian.
Namun, di masyarakat ada kekhawatiran bahwa oximeter yang ada ternyata palsu. Beberapa waktu lalu, bahkan sempat tersebut video yang memperlihatkan cara membedakan oximeter asli dan palsu menggunakan pensil.
Lantas, bagaimana cara bedakan oximeter asli atau palsu?, pakar kesehatan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Vito A. Damay memberi saran bagi cara bedakan oximeter asli dan palsu salah satunya dengan memeriksa di jari berbeda dan pada orang berbeda.
"Di alat saturasi oksigen juga ada pengukur detak jantung, jika detak jantungnya sama milik Anda dan tiga orang lain juga sama maka Anda harus pertanyakan (keasliannya)," kata dia saat dihubungi beberapa waktu lalu.
Cara lain untuk memeriksanya adalah dengan menggunakannya saat jalan santai dan jalan cepat. Normalnya, detak jantung akan meningkat ketika beraktivitas. Semakin cepat jalan makin meningkat detak jantungnya.
Halaman :

TAGS : Ini Cara Bedakan Oximeter Asli Atau Palsu Bali Beritabali


Beritadenpasar.com - Media Online Denpasar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Denpasar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV