Hukrim

BNNP Bali Ungkap Kriteria Pecandu yang Bisa Direhabilitasi

Minggu, 01 Agustus 2021 | 23:00 WITA
BNNP Bali Ungkap Kriteria Pecandu yang Bisa Direhabilitasi

beritabali/ist/BNNP Bali ungkap sejumlah kriteria pecandu yang bisa direhabilitasi.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Program rehabilitasi (rehab) yang dicanangkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Bali menunjukkan hasil yang signifikan. Selama setahun program ini berjalan, terjadi peningkatan dan telah diakses sejumlah kalangan di usia produktif 21 tahun hingga 30 tahun. 
Menurut Kepala BNNP Bali Brigjen Polisi Drs. Gde Sugianyar Dwi Putra, SH, M.Si upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba masih menjadi pekerjaan terberat di Indonesia khususnya di Bali. 
Selain berjuang pada hal penegasan hukum yang tegas dan terukur dalam menangani sindikat narkoba, pihaknya juga harus menggunakan teknologi informasi di era digital sekarang ini. 
Upaya ini juga sejalan dengan tagline War On Drugs seperti yang diprogramkan Kepala BNN RI Komjen DR. Petrus Reinhard Golose. Dimana, dalam upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika, harus dilakukan secara holistik. Yakni mengedepankan hard power sebagai langkah pemberantasan, smart power melalui pengembangan teknologi informasi, dan upaya soft power yaitu pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi. 
"Tiga program ini adalah hal yang terpenting demi menyelamatkan generasi penerus bangsa," terang jenderal bintang satu dipundak ini Minggu 1 Agustus 2021.  
Brigjen Sugianyar menerangkan, dalam hal penanganan program rehab harus ditangani dari berbagai aspek. Salah satunya adalah melalui pendekatan rehab dengan merangkul seluruh kalangan. 
Sebab menurutnya, rehab bukanlah hal yang harus ditakuti ataupun dihindari bagi seseorang pecandu narkoba. Tapi ini merupakan sebuah jalan untuk mengantarkan pecandu tersebut agar dapat pulih dari kecanduan zat terlarang. 
“Kebanyakan orang pada takut datang ke BNN, dikiranya akan ditangkap, padahal sebenarnya tidak begitu mekanismenya. Jadi untuk lebih memperkenalkan program rehab di BNN khususnya di BNNP Bali, saya selalu menyatakan bahwa ketika datang ke BNN untuk mendapatkan program rehab, tidak dipungut biaya, alias gratis, tidak diproses hukum serta kerahasiaan dan privasi-nya dijamin," tegasnya. 
Dilihat dari anatomi data rehab di BNN Provinsi Bali sejak tahun 2020, ungkap jenderal asal Gianyar ini, program rehab telah diakses oleh berbagai kalangan mulai dari kalangan swasta, tidak bekerja, serta mahasiswa ataupun pelajar. Jika dilihat dari segi umur, untuk klien yang paling banyak mengakses layanan adalah di usia produktif mulai 21 hingga 30-an. 
Halaman :

TAGS :


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV