Hukrim

Kapolri Listyo Ungkap Potensi Risiko Pinjaman Online Ilegal

Jumat, 20 Agustus 2021 | 23:15 WITA
Kapolri Listyo Ungkap Potensi Risiko Pinjaman Online Ilegal

beritabali/ist/Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap sejumlah potensi risiko kejahatan dari pinjaman online (pinjol) ilegal. Risiko itu seperti penyalahgunaan data pribadi nasabah oleh lembaga pinjol ilegal.
"Di sisi lain terdapat beberapa potensi risiko kejahatan yang sering terjadi, seperti kejahatan siber, misinformasi dan transaksi eror serta penyalahgunaan data pribadi," ujar Listyo dalam sebuah acara, Jumat (20/8/2021) dikutip dari Liputan6.com.
Apalagi, lanjut Listyo regulasi lembaga keuangan nonbank di Indonesia dilihatnya lebih longgar ketimbang bank. Lembaga keuangan non bank itu termasuk penyedia pinjol.
Menurut dia, hal itu merupakan celah yang kerap dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.
"Regulasi (lembaga) keuangan non bank di Indonesia tidak seketat lembaga perbankan saat ini. Sehingga sering dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan penyedia jasa pinjaman online, terutama yang tidak memiliki izin resmi dari OJK," ucap Listyo.
Listyo menerangkan, sejak 2018 sampai 2021, pihaknya telah melakukan penegakan hukum 14 kasus pinjaman online. Modus kejahatannya pun beragam
Misalnya dengan memberikan penawaran kepada calon nasabah dengan persyaratan yang mudah tanpa perlu bertemu secara langsung. Kemudian memaksa para nasabah untuk mengikuti kebijakan dan ketentuan dalam aplikasi pinjaman online, yakni dengan mengizinkan data kontak telepon pribadi nasabah bisa dibuka oleh pemberi pinjaman.
Halaman :

TAGS : Pinjaman Online OJK Berita Bali Penagihan KTP Pinjaman Online Llegal Pemberantasan Pinjaman Online Llegal Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritajembrana.com - Media Online Jembrana Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Jembrana, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV