Hukrim

Mediasi Sengketa Lahan Desa Adat Guwang Berlangsung Tertutup

Kamis, 02 September 2021 | 17:40 WITA
Mediasi Sengketa Lahan Desa Adat Guwang Berlangsung Tertutup

beritabali/ist/Mediasi Sengketa Lahan Desa Adat Guwang Berlangsung Tertutup.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Sejumlah krama Desa Adat Guwang, Kecamatan Sukawati mendatangi Kantor Pengadilan Negeri (PN) Gianyar, Kamis (2/8). Krama berpakaian adat datang mengawal berjalannya proses mediasi sengketa lahan Desa Adat yang digugat oleh warga Desa Celuk, I Ketut Gede Dharmaputra. 
Polres Gianyar sampai melakukan pengalihan arus guna menghindari kemacetan. Sementara dalam mediasi antara para pihak di Perkara Perdata nomor 173/ Pdt. G/ 2021/ PN Gin dengan agenda penyerahan resume masing-masing pihak berlangsung tertutup. 
Sidang Mediasi yang menghadirkan prinsipal dari para pihak dan dampingan kuasa hukumnya, hanya berjalan beberapa menit. Karena agendanya memang hanya menyerahkan resume.
Jero Bendesa Adat Guwang, Ketut Karben Wardana, menegaskan jika pihaknya sebagai Tergugat II,  menyatakan tetap pada tanggapan awal, yakni mempertahankan lahan adat yang sudah dikuasai dan dimanfaatkan secara sosial selama seratusan tahun lebih itu.  
Resume tergugat lainnya juga menyampaikan hal senada. Sedangkan tergugat, juga tetap sesuai dengan tuntutan di dalam gugatannya.  "Intinya, kami tidak akan menyerah untuk mempertahankan tanah adat yang kami wariskan ini," tegasnya. 
Mengenai kehadiran warganya, Karben Wardana menegaskan jika itu adalah spontanitas warganya. Pihaknya pun sudah berusaha menyarankan agar warganya untuk tetap menjalani prokes. 
"Ini kan hak krama kami dalam mensupport prajuru dalam berjuang. Kami sebagai prajuru pun tidak bisa melarang, apalagi mengusirnya," tegasnya.
Ditemui terpisah, kuasa hukum penggugat I Wayan Suardika SH mengatakan mediasi kali ini dirinya hadir bersama prinsipal I Ketut Gede Dharmaputra. Setelah penyerahan resume, Wayan Suardika mengaku hanya bisa menunggu. 
"Kami tinggal menunggu saja, bagaimana tanggapannya. Ini mediasi, pada intinya kami tetap akan cari win win solution," jelasnya.
Halaman :

TAGS : Mediasi Sengketa Kantor Pengadilan Negeri Gianyar PN Gianyar Ahli Waris Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV