News

Polemik Adat Tak Kunjung Tuntas

Massa Desa Adat Liligundi Gerudug Gedung DPRD Karangasem

Kamis, 09 September 2021 | 18:50 WITA
Massa Desa Adat Liligundi Gerudug Gedung DPRD Karangasem

beritabali/ist/

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Polemik adat tak kunjung menemukan jalan keluar, puluhan warga Desa Adat Liligundi, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem datangi kantor DPRD Karangasem, pada Kamis, (09/09/2021).
I Made Sukadana selaku Ketua Pecalang yang dipercaya sebagai perwakilan warga menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kedatangannya bersama puluhan warga ke gedung DPRD Karangasem tersebut meminta agar lembaga DPRD membantu mengawasi dan menjembatani permasalahan di Desa Adat Liligundi yang telah berlangsung sejak tahun 2019 silam. 
"Persoalan di Desa Adat kami ini sudah lama tidak terselesaikan yang berakibat adanya gejolak di masyarakat, kalau ini dibiarkan seperti api dalam sekam yang sewaktu - waktu bisa meledak dan tentunya akan berdampak terhadap pemerintah. Harapan saya agar kelembagaan DPRD bisa ikut memantau dan menjembatani tahapan mediasi kedepannya sehingga MDA lembaga adat ini bisa mengambil keputusan secara independen," ujar Sukadana. 
Sukadana menuturkan, awal permasalahan muncul ketika akan dilaksanakan pemilihan bendesa adat Liligundi, lantaran Bendesa saat itu sudah habis masa bakti kepemimpinan.
Saat itu, terbentuklah panitia untuk mencari para calon Bendesa dan akhirnya muncul 5 nama calon dari dua banjar adat yang ada di Desa Adat Liligundi yaitu tiga orang calon diantaranya berasal dari Banjar Liligundi Kaja dan dua calon berasal dari Banjar Liligundi Kelod.
Dalam prosesnya, Sukadana berasumsi bahwa tahapan pencalonan ini akan berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. Hanya saja tanpa sepengatahuan krama, tiba-tiba sudah muncul panitia pembentukan perarem dimana di dalam perarem tersebut ada syarat bahwa pendidikan calon bendesa minimal SMP padahal di dalam awig-awig Desa Adat liligundi tidak ada yang menyebutkan seperti itu terlebih saat itu juga belum lahir peraturan daerah (Perda) nomor 4 tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali. 
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV