News

Apa Itu Owa Siamang, Satwa yang Sempat Dipelihara Giri Prasta

Kamis, 16 September 2021 | 09:10 WITA
Apa Itu Owa Siamang, Satwa yang Sempat Dipelihara Giri Prasta

beritabali/ist/Apa Itu Owa Siamang, Satwa yang Sempat Dipelihara Giri Prasta.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Owa siamang merupakan hewan yang habitat hidupnya di pulau sumatera. Biasanya hidup di hutan hujan tropis dan hutan monsun. Tinggal di pohon dengan ketinggian relatif tinggi 300-1.200 m.
Owa siamang biasanya hidup berkelompok kecil (tidak soliter), dan memiliki daerah teritorial tidak terlalu besar. Selain itu, Siamang aktif pada siang hari untuk mencari makan, bergelantung dan terkadang istirahat di tajuk yang rapat saat sinar matahari sangat terik.
"Owa Siamang sangat selektif memilih pakan, Jenis makanannya di habitat aslinya adalah buah-buahan dan daun muda," jelas, Prawono Meruanto,  Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSBTU BKSDA) Bali, Rabu (15/9) di Denpasar.
Siamang itu walaupun hewan buas tapi tidak agresif dan sangat pemalu. Dia tidak suka berinteraksi dengan manusia. Dia akan buas dalam arti menyerang, itu jika ingin melindungi keluarganya.
"Berdasarkan iucn red list, owa siamang tersebar di sumatera dan semenanjung malaysia," katanya.
Lebih rinci ia menjelaskan masa hidup siamang antara 30-40 tahun (Napier dan Napier 1986), sedangkan menurut Chiver (1977) sepasang siamang yang hidup di alam liar diketahui berumur sekitar 25 tahun. Di penangkaran, siamang diketahui sampai berumur 40 tahun (Marvin 1995 dalam Nowak 1999).
Halaman :

TAGS : Owa Siamang Hutan Hujan Tropis Alam Liar Balai KSDA Bali Satwa Liar Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV