News

Asteroid Tercepat Diperkirakan Bisa Menghantam Matahari

Senin, 13 September 2021 | 12:00 WITA
Asteroid Tercepat Diperkirakan Bisa Menghantam Matahari

beritabali.com/ist/cnnindonesia.com/Asteroid Tercepat Diperkirakan Bisa Menghantam Matahari

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DUNIA.
Asteroid 2021 PH27 tercatat sebagai asteroid dengan periode revolusi tercepat di Tata Surya dan diperkirakan bisa menghantam Matahari akibat pergerakan yang tidak stabil.
Tim peneliti yang dipimpin oleh Scott Sheppard, seorang astronom dari Institut Ilmu Pengetahuan Carnegie di Washington mengungkap prediksi itu berdasarkan perhitungan orbit 2021 PH27 yang berada sangat dekat dengan Matahari.
Sehingga, asteroid ini menerima efek relativitas umum yang paling besar dibandingkan benda langit lainnya di tata surya kita. Efek relativitas umum itu menyebabkan pergerakan asteroid yang tidak stabil di jalur orbitnya, dan suatu saat memiliki kemungkinan untuk menabrak Matahari.
Tak hanya Matahari, asteroid ini mungkin juga menabrak Merkurius atau Venus dalam beberapa juta tahun mendatang. Asteroid sendiri merupakan benda langit berbatu yang tersebar di angkasa luar, namun berukuran terlalu kecil untuk bisa disebut sebagai planet.
2021 PH27 disebut sebagai asteroid tercepat karena hanya memerlukan 113 hari Bumi untuk mengitari Matahari. Ini adalah periode orbit terpendek yang dimiliki benda langit di tata surya kita setelah Merkurius, yang hanya membutuhkan 88 hari untuk mengitari Matahari. Para astronom menemukan asteroid ini pada 13 Agustus 2021.
Asteroid ini ditemukan menggunakan Dark Energy Camera (DEC), sebuah instrumen multifungsi yang ditempelkan pada teleskop Victor M. Blanco di Observatorium Cerro Tololo Inter-American di Chile.
Asteroid 2021 PH27 memiliki lintasan orbit yang bentuknya lebih elips dibandingkan dengan Merkurius, sehingga membuatnya relatif lebih dekat dengan Matahari. Asteroid ini berada sekitar 20 juta kilometer pada titik terdekatnya, sedangkan Merkurius berada di jarak 47 juta kilometer pada titik terdekatnya dengan Matahari.
Halaman :

TAGS : Asteroid Tata Surya Lintasan Orbit Matahari Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritabadung.id - Media Online Badung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Badung, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV