News

TPA Mandung Overload, Ini Jurus Bupati Sanjaya Atasi Sampah

Jumat, 17 September 2021 | 23:20 WITA
TPA Mandung Overload, Ini Jurus Bupati Sanjaya Atasi Sampah

beritabali/ist/TPA Mandung Overload, Ini Jurus Bupati Sanjaya Atasi Sampah.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Soal pengelolaan sampah di Tabanan hingga detik ini masih belum menemukan pola yang efisien. 
Jika, alat berat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mandung rusak, niscaya akan terjadi tumpukan sampah di masyarakat karena tidak terangkut. Tabanan masih mengandalkan TPA sampah di Kecamatan Kerambitan yang nyaris overload ini. 
Sementara itu, Bupati Sanjaya bersama jajarannya terus memutar otak untuk mengatasi masalah ini. Salah satu upaya yang gencar dilakukan, yakni pengelolaan sampah berbasis sumber di desa dan desa adat. Bahkan, Sanjaya menargetkan di tahun 2022 mendatang, seluruh desa akan memiliki TPS3R dan dibangun di 90 Desa di kabupaten Tabanan. 
“Dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos atau TPS3R pada tahun 2021 sudah mencapai 43 Desa (32%) dengan pendanaan dari APBD dan dana desa di Tabanan,” terangnya dalam koordinasi pimpinan daerah se-Bali dengan Gubernur Bali, Jumat (17/9).
Bupati Sanjaya juga mengatakan, sejumlah kendala masih ditemui dalam upaya pengentasan sampah seperti  biaya operasional TPS3R dari dana desa yang masih dinilai minim, pemilihan sampah berbasis sumber yang belum optimal, serta sulitnya mendapat tenaga kerja dari desa yang bersedia untuk mengelola TPS3R. Termasuk, Tabanan saat ini belum memiliki teknologi pengelolaan sampah untuk pembuatan kompos yang berkualitas dan terstandarisasi. 
“Kendala inilah yang jadi perhatian khusus kami di Tabanan untuk terus ditingkatkan sehingga program pengolahan sampah berbasis sumber bisa terealisasi dengan baik nantinya,” ujarnya. 
Tak hanya penyediaan TPS3R, nantinya juga akan dirancang kegiatan esktrakulikuler untuk anak PAUD, SD dan SMP sebagai upata menumbuhkan karakter dan jati diri Kerti Bali. Termasuk juga akan mengarah pada pertanian organik untuk komoditi padi, kopi, manggis. 
“Kami juga akan lakukan pendataan nilai-nilai kearifan lokal, situs dan ritus melalui data guna desa yang presisi,” terangnya.
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV