Hukrim

Hakim Putuskan Tetap Adili Zaenal Tayeb, Jaksa Siapkan Saksi

Selasa, 28 September 2021 | 14:00 WITA
Hakim Putuskan Tetap Adili Zaenal Tayeb, Jaksa Siapkan Saksi

beritabali/ist/Hakim Putuskan Tetap Adili Zaenal Tayeb, Jaksa Siapkan Saksi.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Ada yang menarik dari putusan sela yang dibacakan secara virtual oleh hakim di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Selasa (28/9) terhadap perkara yang menjerat terdakwa Zaenal Tayeb
Hakim pimpinan Wayan Yasa,SH.,MH dalam putusan sela menyatakan tetap mengadili perkara kasus dugaan tindak pidana menyuruh memasukkan keterangan palsu ke dalam akta autentik, terkait jual beli aset di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Badung. 
Menariknya, usai membacakan putusan sela. Hakim langsung menanyakan kepada JPU Kejari Badung soal saksi. Bahkan JPU yang dikomandoi Dewa Lanang Raharja,SH sepertinya sudah tahu atau yakin bahwa hakim menolak Eksepsi dari terdakwa.
"Kami telah siap saksi yang mulia. Namun saksi telah melayangkan surat tidak bisa hadir karena sedang ada di luar negeri," sebut JPU yang menyebut nama saksi korban yang juga pelapor, Hedar Giacomo Boy Syam.
Pun demikian Hakim mempertegas bahwa sidang ini online, jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa dihadirkan secara online.  "Kamis tanggal 30 Sepetember tolong dipersiapkan ya saksinya," kata hakim.
Dalam putusan sela ini, hakim memutuskan; Eksepsi PH (penasehat hukum) terdakwa tidak dapat diterima atau ditolak seluruhnya. Surat Dakwaan JPU oleh hakim dinilai telah memenuhi syarat formil dan materil sebagaimana Pasal 143 KUHAP.  "Melanjutkan pemeriksaan pokok perkara," putus hakim.
Untuk diketahui Yuri Pranatomo yang merupakan orang kepercayaan Zaenal Tayeb yang satu rangkaian dalam perkara ini, sebelumnya telah divonis bebas oleh Pengadilan Negeri Denpasar. 
Pertimbangan Hakim, Heri Priyanto,SH.,MH.,bahwa kesalahan yang didakwakan terhadap terdakwa Yuri sama sekali tidak terbukti. 
"Semua alat bukti yang diajukan penuntut umum sama sekali tidak dapat membuktikan kesalahan yang didakwakan kepada terdakwa,  yaitu memasukkan keterangan palsu ke dalam akta," putus hakim kala itu. 
Halaman :

TAGS : Zaenal Tayeb Penjualan Tanah Terdakwa Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritabangli.com - Media Online Bangli Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Bangli, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Denpasar Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV