News

Bali Diguyur Hujan Lebat, Ini Penjelasan BBMKG

Senin, 06 Desember 2021 | 22:10 WITA
Bali Diguyur Hujan Lebat, Ini Penjelasan BBMKG

beritabali/ist/Bali Diguyur Hujan Lebat, Ini Penjelasan BBMKG.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Sebagian besar wilayah Bali diguyur hujan dengan kategori sangat lebat hingga ekstrem pada Minggu (5/12) hingga dini hari, Senin (6/12).
Jika dilihat berdasarkan data pos hujan di seluruh wilayah Bali, terdapat 28 titik pos dengan curah hujan di atas 100 mm/hari.  Misalnya, di stasiun Meteorologi Ngurah Rai yaitu, 177.4 mm/hari, Stasiun Geofisika Sanglah 187.5 mm/hari, Pos Balai III 188.2 mm/hari dan Pos Celuk, Sukawati 226.0 mm/hari Curah hujan > 150 mm/hari merupakan kategori hujan ekstrem.
"Hujan ekstrem di wilayah Bali disebabkan oleh faktor meteorologis seperti, sebagian besar wilayah Bali memasuki musim hujan. Indeks ENSO di NINO 3.4 adalah -0.52. Faktor ini secara signifikan meningkatkan potensi hujan di Indonesia," jelas Prakirawan Cuaca Balai Besar Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III, Diana Hikmah, Senin,(6/12) di Badung.
Selain itu terdapat pola konvergensi angin di wilayah Bali dan sekitarnya. Hal tersebut menyebabkan penumpukan massa udara dan mendukung pertumbuhan awan - awan hujan di wilayah Bali.
Halaman :

TAGS : Wilayah Bali Hujan Ekstrem Banjir BMKG Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritakarangasem.com - Media Online Karangasem Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Karangasem, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Badung Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV