News

Dua Pemuda Asal Bandung Berhasil Jual NFT Total Rp33 Miliar

Senin, 16 Mei 2022 | 12:10 WITA
Dua Pemuda Asal Bandung Berhasil Jual NFT Total Rp33 Miliar

bbn/liputan6.com/Dua Pemuda Asal Bandung Berhasil Jual NFT Total Rp33 Miliar

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Meski baru hadir di Indonesia pada 2019, tren Non-Fungible Token (NFT) booming beberapa bulan ini. Aset digital yang nilainya yang stabil ini bukan cuma menguntungkan para pembelinya saja, tapi juga mereka yang menawarkan karya atau aset digitalnya. 
Seperti Argo dan Jubi. Pria asal Bandung itu berhasil mengembangkan NFT pertama di Indonesia, yaitu Etherwaifu. Ya, Agro sebagai seorang fotofrafer dan software engineer dan Jubi sebagai ilustrator mengembangkan Etherwaifu di Jepang pada 24 Maret 2018. 
Usahanya selama ini ternyata berbuah manis karena aset digitalnya ludes terjual dengan angka fantastis. Yup, Etherwaifu sukses menjual habis 1025 lukisan digitalnya dengan total sales USD2,3 juta atau sekitar Rp33 miliar.
Agro menjelaskan pencapaian ini nggak mudah, terutama di awal-awal perilisannya, di mana market Kripto sedang down. Saat itu, Etherwaifu sempat hanya terjual sekitar 55 unit saja dan mengalami failure financial.
"Kami terus berusaha membangun dan mengembangkan softwarenya, tapi setelah 55 unit itu, belum ada pembeli lagi. Di tahun 2019 salesnya nol, tak ada yang membeli sama sekali. Tahun 2020 juga juga sama. dua tahun berturut-turut tidak ada aktivitas ekonomi sama sekali," ujar Agro.
Padahal, jika dilihat dari sisi teknologi, Etherwaifu tergolong cutting edge di antara NFT yang rilis di 2018, begitu juga dari sisi art-nya.
"Kebanyakan NFT zaman dulu simple-simple, seperti pixel art, sementara kami lebih ke arah seperti lukisan." Ujarnya.
Meski sempat terseok-seok, kerja keras Agro dan Jubi akhirnya terbayar di 2021, tepatnya ketika NFT mulai merambah ke ranah mainstream.
Di tahun itu, sorang arkeolog NFT, Adam McBride kagum dengan Etherwaifu, saat menemukannya di blockchain. Selain programnya masih hidup, teknologinya juga tergolong maju.
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritadenpasar.com - Media Online Denpasar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Denpasar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV