Kesehatan

6 Makanan yang Membantu Mengatasi Kulit Kering

Sabtu, 29 Januari 2022 | 15:35 WITA
6 Makanan yang Membantu Mengatasi Kulit Kering

bbn/suarasurabaya.net/6 Makanan yang Membantu Mengatasi Kulit Kering

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Memiliki kulit sehat dan lembab adalah hal yang penting. Kulit yang lembab ternyata juga dipengaruhi oleh hal yang dikonsusmsi. Olah sebab itu orang yang tidak menjalani pola makan sehat tentu bisa mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk kulit kering.
Ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kulit kering dan kasar. Berikut ini daftar makanannya.
1. Kacang-kacangan
Makanan yang perlu dikonsumsi untuk mengatasi kulit kering adalah kacang-kacangan.Kacang, seperti almond dan kacang kenari, mengandung asam esensial yang tinggi, yaitu asam lemak omega-3, omega-6, protein, dan nutrisi penting lainnya.
Kandungan nutrisi pada kacang dipercaya dapat membantu menjaga kekencangan dan integrasi sel, melembapkan sel, hingga melembutkan kulit. Bila digunakan dengan benar, konsumsi atau penggunaan kacang bisa membantu kulit tampak bercahaya. Anda bisa menambahkan kacang-kacangan ke dalam salad atau susu saat sarapan.
Meski begitu, Anda perlu berhati-hati karena konsumsi kacang terlalu banyak bisa memicu penumpukan lemak berlebih.
2. Alpukat
Dikenal sebagai makanan super (superfood), alpukat diklaim sebagai buah yang baik untuk mengatasi kulit kering. Mengapa demikian? Alpukat merupakan salah satu sumber omega-3. Sementara itu, tubuh yang kekurangan omega-3 dapat memicu kulit kering, bersisik, dan dermatitis.
Penelitian dari Journal of dermatological science terhadap hewan pengerat menemukan bahwa konsumsi suplemen omega-3 dapat meningkatkan hidrasi kulit. Meski peneliti menggunakan suplemen minyak ikan pada studi ini, ada kemungkinan bahwa makanan yang kaya omega-3 seperti alpukat memiliki efek yang sama.
Walaupun demikian, temuan ini membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah manfaat alpukat terhadap kulit manusia sama atau tidak.
3. Pisang
Buah lainnya yang termasuk kategori makanan untuk pemilik kulit kering adalah pisang. Pasalnya, pisang kaya akan vitamin A, B, C, dan D, riboflavin, hingga serat makanan.
Serat pada pisang dipercaya membantu mengeluarkan racun, sehingga ada kemungkinan bisa meremajakan sel kulit. Beberapa orang juga percaya bahwa konsumsi pisang secara teratur dapat membuat kulit cerah dan halus. Sayangnya, belum ada studi ilmiah yang membuktikan hal ini.
Tak hanya dikonsumsi, Anda bisa mengolah pisang sebagai masker wajah yang dicampur dengan yogurt guna mendapatkan hasil yang diinginkan.
4. Ikan
Ikan berminyak seperti salmon, kod, dan tuna memang memiliki manfaat bagi kesehatan. Jenis makanan ini kaya akan asam lemak omega-3 dan membantu menjaga rasio omega-3 dan omega-6.
Konsumsi ikan berminyak juga membantu mengurangi peradangan, mengeluarkan racun, dan mengunci kelembapan kulit, dilansir dari studi Indian journal of dermatology. Dengan begitu, nutrisi kulit akan terpenuhi dan membuatnya tampak bercahaya, serta terasa lebih lembut.
Anda dianjurkan makan ikan dengan kulitnya karena lapisan lemak di bawah kulit kaya akan asam lemak omega-3 untuk mengatasi kulit kering.
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritakarangasem.com - Media Online Karangasem Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Karangasem, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV