News

Desa Adat Jegu Bersih-Bersih Areal Subak Jelang Nangluk Merana

Jumat, 26 November 2021 | 23:00 WITA
Desa Adat Jegu Bersih-Bersih Areal Subak Jelang Nangluk Merana

beritabali/ist/Desa Adat Jegu Bersih-Bersih Areal Subak Jelang Nangluk Merana.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Setahun sekali atau bertepatan tilem keenam, desa adat di Bali menggelar upacara nangluk merana yang diyakini sebagai sebuah prosesi menetralisasi hal-hal negatif. 
Begitupun di Desa Adat Jegu, Kecamatan Penebel, saat ini tengah melakukan berbagai persiapan jelang pelaksanaan upacara yang akan digelar pada 4 Desember 2021. 
Agar pelaksanaan upacara Nangluk Merana dapat berjalan baik dan lancar, masyarakat khususnya anggota subak desa Jegu telah melakukan gotong royong membersihkan areal lingkungan subak dibantu oleh sejumlah komponen masyarakat lainnya, termasuk ikut membantu dari unsur TNI yakni Babinsa Desa Jegu Ramil 1619-08/Penebel Serka I Made Duduk. 
Bendesa Adat Jegu, Putu Arya Wisnawa menyebutkan upacara Nangluk Merana memiliki arti untuk memohon keselamatan serta hasil alam yang melimpah, terkhususnya bagi para petani atau masyarakat yang memiliki lahan persawahan. Dengan diselenggarakan Nangluk Merana ini diharapkan wabah atau penyakit persawahan seperti “Paceklik” maupun hama dapat dihilangkan dan hasil panen alam melimpah. 
“Intinya untuk penetralisasi, meniadakan bencana, dan hal negatif di muka bumi khususnya di wewidangan Desa Adat Jegu. Termasuk salah satunya memohon agar hasil produksi pertanian bisa meningkat dan menjauhkan subak dari marabahaya. Termasuk juga agar masyarakat atau krama kami terhindar dari sifat atau pemikiran negatif,” terangnya, Jumat (26/11).
Untuk rangkaian upacaranya, diawali dengan prosesi pecaruan yang digelar di Pura Kahyangan kemudian Ida Bhetara turun kelililng di seluruh lingkungan desa adat. 
“Tapakan Ida yakni barong ratu ayu dan ratu mas akan turun ke subak dan semua wewidangan desa adat,” ucapnya.
Sementara itu, Babinsa Desa Jegu Ramil 1619-08/Penebel Serka I Made Duduk menjelaskan, keterlibatan TNI dalam berbagai kegiatan di masyarakat merupakan bentuk kemanunggalan TNI-Rakyat yang harus terus dibangun untuk menciptakan Ruang Alat dan Kondisi Juang yang tangguh dalam mewujudkan sistem pertahanan rakyat semesta. 
Halaman :

TAGS : Nangluk Merana Desa Adat Jegu Gotong Royong Hama Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritatabanan.com - Media Online Tabanan Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Tabanan, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Tabanan Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV