Terpopuler

Menguak Pembahasan Seru Terkait Apa Privilege Yang Sebenarnya

Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:00 WITA
Menguak Pembahasan Seru Terkait Apa Privilege Yang Sebenarnya

bbn/suara.com/Menguak Pembahasan Seru Terkait Apa Privilege Yang Sebenarnya

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Pembahasan mengenai Privilege ramai dibicarakan diberbagai media sosial usai pernyataan Indra Kenz tentang kemiskinan adalah Privilege. Hal tersebut menimbulkan banyak respon terkait apa devinisi Privilege yang sebenarnya.
Dikutip dari Kompas.com, Privilege adalah istilah yang kerap digunakan netizen di media sosial, khususnya berkaitan dengan hak istimewa seseorang. Privilege umumnya berkaitan dengan kekayaan, penampilan fisik atau kelebihan lainnya yang dimiliki seseorang tanpa berusaha. 
Justin Garcia, dalam buku berjudul Privilege (Social Inequality) yang rilis tahun 2018 lalu, menjabarkannya dengan lebih jauh. Privilege disebut sebagai keuntungan sosial tertentu, manfaat, atau derajat prestise dan rasa hormat yang dimiliki seseorang berdasarkan milik kelompok identitas sosial tertentu. 
Privilege membuat kehidupan seseorang sedikit lebih mudah, dengan berbagai keistimewaan yang dimiliki. Meskipun bukan berarti mereka tidak mengalami kesulitan sama sekali dalam hidupnya. 
Selain itu, privilege tidak hanya dimiliki oleh orang kaya, cantik atau tampan saja. Kita semua sebenarnya memiliki privilege tersebut namun jenisnya berbeda dan, kadangkala, tidak disadari. 
Berbagai jenis privilege, bukan hanya soal uang dan penampilan Kita mungkin mengira privilege hanya dimiliki oleh orang yang terlahir kaya, rupawan dan bangsawan. Namun keistimewaan tersebut sebenarnya dimiliki oleh kita semua namun porsi dan manfaatnya berbeda.
Dikutip dari situs Well and Good, ada beberapa jenis privilege yang harus kita pahami antara lain: 
White privilege 
Keistimewaan ini dimiliki orang kulit putih sebagai bagian dari kolonialisme di masa lalu. Hak istimewa ini kerap kali dikaitkan dengan rasisme yang banyak terjadi di Amerika Serikat dan Eropa. Nyatanya Kini Kaya Raya White privilege membuat seseorang diperlakukan lebih baik, tidak dikasari petugas, atau dianggap lebih berpendidikan. 
Gender privilege 
Gender privilege umumnya dimiliki laki-laki yang dianggap lebih unggul dalam banyak budaya. Keistimewaan ini yang kemudian memunculkan sikap patriarki termasuk berbagai implikasinya dalam kehidupan sehari-hari. 
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritatabanan.com - Media Online Tabanan Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Tabanan, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV