Hukrim

Rumah Dibongkar Paksa, 16 Warga Musi Tinggal Beratap Terpal

Jumat, 06 Mei 2022 | 20:45 WITA
Rumah Dibongkar Paksa, 16 Warga Musi Tinggal Beratap Terpal

beritabali/ist/Rumah Dibongkar Paksa, 16 Warga Musi Tinggal Beratap Terpal.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BULELENG.
Sejumlah warga yang tinggal di Dusun Musi, Desa Musi, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, hingga Jumat 6 Mei 2022 terpaksa harus tinggal beratapkan terpal. 
Hal ini terjadi setelah rumah tinggal yang selama ini sudah mereka tempati berpuluh tahun diratakan dengan tanah oleh sekelompok orang yang diduga dari pihak yang mengklaim tanah tersebut.
Keseluruhan warga yang tergusur akibat aksi itu berjumlah 16 orang, terdiri dari 2 Kepala Keluarga. Mereka adalah keluarga Ni Luh Merti (76) beserta anak, menantu dan cucunya, serta keluarga I Gede Sukra Redana beserta anak dan cucunya. 
Menurut I Gede Darmayasa, anak dari Ni Luh Merti mengatakan kalau keluarga ini sudah tinggal di sana sejak tahun 1958, dan menempati lahan yang diwariskan oleh Bapaknya atas nama I Nengah Wirni yang merupakan warga asli Desa Seraya, Karangasem yang merantau ke Desa Musi. 
“Bapak saya asli dari Desa Seraya Karangasem, merantau ke Musi dan tinggal di lahan ini. Kemudian sekitar tahun 1969, bapak saya diberikan hak oleh pemerintah untuk mengelola tanah ini sebagai tanah Redis,” ujar I Gede Darmayasa. 
Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu kepala keluarga yang rumahnya ikut dihancurkan, yaitu I Gede Sukra Redana yang merupakan anak dari I Putu Gelgel. 
“Bapak saya yang bernama I Putu Gelgel tercatat sebagai penerima tanah Redis atas lahan yang saya tempati ini, bahkan sudah pernah punya sertifikat. Namun karena rumah kami terbakar sekitar tahun 1976, sertifikatnya juga ikut terbakar, Tapi kami masih memiliki foto copynya,” ujar I Gede Sukra Redana sambil memperlihatkan foto copy sertifikat.
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritabadung.id - Media Online Badung Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Badung, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Buleleng Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV