News

NTB Masih Kekurangan Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif

Sabtu, 22 Januari 2022 | 23:40 WITA
NTB Masih Kekurangan Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif

beritabali/ist/NTB Masih Kekurangan Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NTB.
Keberadaan Dokter Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif dapat mendukung dokter bedah dan operasi di rumah sakit Kabupaten/Kota. 
Namun untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat, keberadaan Dokter Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif, masih sangat kurang. Khususnya di wilayah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). 
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Dr H Lalu Hamzi Fikri mengungkapkan, secara keseluruhan ada 426 dokter spesialis di NTB. Sedangkan kalau Dokter Spesialis Anestesi hanya ada 23 orang se-NTB. Namun distribusi dan penyebarannya belum merata di 10 Kabupaten/Kota dan Provinsi.
"Ada dua Kabupaten yang belum memikili dokter spesialis Anestesi, yaitu Kabupaten Dompu dan KSB," ungkap dokter Fikri, saat silaturahmi dan audiensi Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif (PERDATIN) NTB, dengan Wakil gubernur, Jumat (21/1) di Aula Pendopo Wagub.
Menurut dokter Fikri, untuk mengantisipasi kekurangan spesialis anestesi dan terapi intensif tersebut, harus ada permintaan dari daerah. Termasuk daerah harus berani menginvestasikan SDM, untuk menempuh pendidikan dokter spesialis ini.
"Termasuk kedepan kami akan distribusikan. Baik yang kontrak, P3K atau PNS. Pernah di usulkan formasinya tapi tidak ada yang ikut," ujar dokter Fikri.
Selain itu ia juga mengatakan RSUP harus terus maju dan berkembang. Bahkan RSUP didorong untuk menjadi RS pendidikan. Jadi yang ingin menempuh pendidikan specialis bedah dan beberapa special lainnya, dapat ikut di RSUP.
"Kami juga terus beriktiar membangun RSUP agar dapat naik kelas ke tipe A, karena segala fasilitas dan SDM sudah memenuhi. Salahsatunya kita memiliki teknologi menangani ibu melahirkan tanpa rasa sakit," jelas Kadikes NTB. 
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritabali.TV - Berita Video Terkini dari Bali

Website Berita Video Terkini dari Bali yang Membahas seputaran Kuliner, Travel, Bisnis dan Semeton.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV