News

Pohon Keramat Usia Ratusan Tahun Tumbang Timpa Pura Dalem

Jumat, 27 Mei 2022 | 22:10 WITA
Pohon Keramat Usia Ratusan Tahun Tumbang Timpa Pura Dalem

beritabali/ist/Pohon Keramat Usia Ratusan Tahun Tumbang Timpa Pura Dalem.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Pohon Beringin berusia lebih dari 100 tahun tumbang dan menimpa sejumlah bangunan pelinggih di areal Pura Dalem Desa Adat Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem pada Jumat (27/5/2022). 
Kepala Wilayah Banjar Dinas Sega, I Nyoman Kariana saat dihubungi membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan, pohon beringin yang selama ini dikeramatkan oleh warga itu tumbang pagi ini sekitar pukul 08.05 WITA. 
Menurut kesaksian sejumlah warga, sebelum kejadian, angin di wilayah tersebut berhembus cukup kencang. Diduga karena kondisi pohon yang sudah tua dan lapuk sehingga pohon tiba-tiba tumbang dan menimpa bangunan Pura Dalem yang ada di bawahnya.
"Beberapa bangunan pelinggih, serta bagian tembok penyengker dan Candi pura rusak terkena robohan kayu, tadi dilaksanakan upacara mepiuning, besok rencananya baru mulai dibersihkan oleh warga dan BPBD," ujar Kariana. 
Adapun beberapa bangunan pelinggih yang mengalami kerusakan yaitu, satu bangunan padmasana, satu bangunan Gedong Dalem, bangunan Apit lawang, bangunan sanggah pengayatan, dan bagian Candi penyengker mengalami kerusakan ringan. 
Meski tidak menyebabkan korban jiwa, namun akibat robohnya pohon keramat tersebut, pihak Desa Adat pengempon Pura Dalem diduga mengalami kerugian hingga Rp400 juta.

Penulis : Kontributor Karangasem

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritagianyar.com - Media Online Gianyar Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Gianyar, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Karangasem Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV