Misteri

Kisah Mistis Desa Besari

Desa Besari Hilang Usai Aksi Militer Raja Karangasem ke Lombok

Jumat, 27 Mei 2022 | 22:45 WITA
Desa Besari Hilang Usai Aksi Militer Raja Karangasem ke Lombok

beritabali/ist/Desa Besari Hilang Usai Aksi Militer Raja Karangasem ke Lombok.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NTB.
Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat memiliki banyak legenda dan kisah. Tidak sedikit kisah mistis di Lombok yang hingga kini diyakini masyarakat. 
Salah satunya adalah Desa Besari, sebuah desa yang secara misterius menghilang. Desa Besari dipercaya berada di Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Desa dan penduduknya diyakini berpindah alam ke alam gaib.
Pemangku Adat Dusun Kertaraharja, Amiq Kholid mengatakan asal usul hilangnya Desa Besari pada akhir abad ke 17. 
Saat itu Kerajaan Karangasem telah berhasil menaklukkan Mataram dengan mendirikan pusat kerajaan di Cakranegara Mataram.
Untuk menguak kebenaran dari kisah tersebut, Lembaga Kajian Sosial dan Politik M16 dan PDIP NTB melakukan ekspedisi mistis mengungkap kebenaran. Ekspedisi tersebut melibatkan paranormal.
Ketua DPD PDIP NTB, Rachmat Hidayat mengatakan, ekspedisi mistis tersebut dilakukan untuk mengedukasi generasi muda agar mencintai budaya leluhurnya.
“Ini agar generasi muda tidak kehilangan arah. Mereka lebih mencintai kebudayaan dan adat istiadat leluhur,” ujarnya, Rabu (25/5).
Ekspedisi mistis tersebut juga menggandeng seorang paranormal, Ustad Nasir. Dari hasil penerawangan di Desa Besari, dia melihat aktivitas penduduk gaib yang hingga saat ini masih ada.
“Saat ini penduduk beraktivitas seperti berniaga dan bertani. Penduduk serupa dengan manusia biasa, namun wujud mereka tidak kasat mata,” ujar Ustad Nasir.
Ustad Nasir juga mendeskripsikan batas wilayah Desa Besari berdasarkan hasil penelusurannya secara non sains. Dari sana kebenaran demi kebenaran mulai terungkap. 
Cerita yang disampaikan melalui penerawangan gaib serupa yang disampaikan pemangku adat setempat. Pemangku Adat Dusun Kertaraharja, Amiq Kholid mengatakan asal usul hilangnya Desa Besari. 
Raja Karangasem melihat Kedatuan (Kerajaan) Besari sangat makmur dengan penduduk berniaga dan bertani. Mereka kemudian menawarkan kerjasama. 
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritakarangasem.com - Media Online Karangasem Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Karangasem, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Bali TV