Hukrim

Pemuda di Ubud Nekat Curi Gamelan Demi Bayar Utang

Minggu, 12 Desember 2021 | 23:00 WITA
Pemuda di Ubud Nekat Curi Gamelan Demi Bayar Utang

beritabali/ist/Pemuda di Ubud Nekat Curi Gamelan Demi Bayar Utang.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Pemuda asal Kelurahan Ubud, I Gusti NRW, 25, nekat mencuri beberapa jenis gamelan demi membayar utang.
Lokasi pencurian tak jauh-jauh dari Ubud. Pertama di Banjar Ambengan, Desa Peliatan dan TKP Kedua di SMAN 1 Ubud. Sejumlah gamelan yang dicuri diantaranya belasan ceng-ceng, Kempur dan terompong.
Mirisnya, uang hasil curian digunakan untuk membayar utang. Dan kini, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pemuda yang sudah diamankan di Mapolsek Ubud ini terancam dibui 5 tahun. 
Informasi dihimpun, pengungkapan kasus pencurian gamelan ini bermula ketika Sekaa Gong Semara Kusa Lawa yang beranggotakan pemuda Banjar Ambengan hendak menggelar latihan megambel. Namun saat hendak mengambil gamelan, mereka terkejut karena sejumlah ceng-ceng dan 1 buah kempur hilang di tempat penyimpanan.
Sekaa Gong sempat menanyakan prihal hilangnya beberapa perangkat gamelan ke Kelian Adat, namun tak ada yang mengetahui. 
Sehingga Sekaa Gong Semara Kusa Lawa diwakili Ketua Pemuda Banjar Ambengan pun melapor ke Polsek Ubud. Diperkirakan sekaa gong mengalami kerugian mencapai Rp 34 Juta. 
Kapolsek Ubud, AKP I Made Tama saat dikonfirmasi membenarkan perihal adanya laporan tersebut. Dirinya menjelaskan bahwa setelah menerima laporan, pihaknya langsung memerintahkan Unit opsnal dipimpin Kanit Reskrim dan Panit Buser Polsek Ubud untuk melakukan penyelidikan. Sampai akhirnya tim mengantongi identitas seorang pria yang diduga sebagai pelaku. 
"Kita menerima laporan bahwa korban telah kehilangan sejumlah ceng-ceng dan kempur yang terbuat dari tembaga," ujarnya, Minggu (12/12).
Setelah mengantongi identitas terduga pelaku, pihaknya kemudian melakukan penyelidikan di sekitar alamat pelaku di Lingkungan Taman Ubud, Kelurahan Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. 
Selanjutnya mengamankan terduga pelaku yang berinisial I Gusti NRW, 25, di rumahnya pada hari Rabu (11/12). "Saat diinterogasi, terduga pelaku mengakui bahwa telah melakukan pencurian di dua lokasi, yang pertama  di Balai Banjar Ambengan dimana pelaku mencuri 17 buah ceng-ceng dan 1 buah kempur. Kemudian lokasi kedua adakah di SMA Negeri 1 Ubud pelaku mencuri 12 buah reong dan satu terompong," paparnya. 
Halaman :

TAGS : Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Beritajembrana.com - Media Online Jembrana Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Jembrana, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya

Trending News

Berita Gianyar Terkini

Lihat Semua

Berita Bali TV